Ide Menulis Kok Susah Ya?

Siapa bilang menulis itu mudah? Eh, ternyata beneran mudah loh! Percaya deh! Mudah kok! Yuk, baca deh ...

Ide Menulis Kok Susah Ya?
Photo by cottonbro from Pexels

 

Banyak orang yang merasa tidak bisa menulis. Alasannya, ya tidak bisa merangkai kata-kata. Alasan klasik. Alasan lain, karena susah cari ide. Nah … ini yang saya alami sekarang. Susah banget cari ide menulis. Udah coba merenung beberapa hari masih belum dapat ide.

Tapi … wait .. wait … tungguuu … Loh ini bukannya saya lagi menulis ya? Haha … Yesss .. saya menulis, akhirnya. Ya menulis ‘betapa sulit cari ide menulis’. Wekawekaweka …

Ternyata menulis itu mudah. Ya seperti saya ini sekarang. Tulisan yang Anda baca ini adalah kisah saya yang sedang kesulitan mendapatkan ide menulis.

Ternyata menulis itu mudah. Semudah saya buka laptop, buka MS Word, ketik deh apa yang ada di kepala. Yaa … apa yang ada di kepala ditulis aja.

Saya jadi teringat kata-kata almarhum pebisnis Bob Sadino. Ia pernah mendapatkan pertanyaan, “Kapan waktu terbaik untuk memulai bisnis?” Ia menjawab, “Sekarang!” Kemudian ia menjelaskan bahwa yang ia maksud ‘sekarang’ adalah ‘tidak boleh ada kata menunda dalam urusan bisnis’.

Sama halnya dengan saya ketika mengalami kesulitan untuk mulai menulis. Ada kesalahan fatal. Yaitu, saya memikirkan terlalu banyak apa yang saya mau tulis. Padahal, saya mau menulis. Bukan pikir-pikir apa yang mau saya tulis. Bingung ya? Hehe …

Nah, coba lihat dari atas lagi. Sudah berapa paragraf tulisan ini? Lumayan kan? Padahal ini idenya ‘kesulitan menulis’. Tapi kok ya jadi tulisan? Haha …

Well … jadiii … menyitir perkataan almarhum om Bob, kalau saya ditanya kapan waktu yang tepat untuk mulai menulis, Anda sudah tahu kan jawabannya …

Banyak yang bisa Anda tulis kok. Saat Anda mengalami kemacetan. Pasti banyak obyek untuk bahan tulisan. Saat sedang ditinggal atau dicuekin gebetan. Apalagi itu … hahaha. Bisa jadi puisi yang berseri-seri tuh. Bete dengan atasan/bos. Itu juga banyak bahan bagus. Asik ‘kan? Soook … mulai deh …

Selamat menulis!