Ayo Bicara, Menebar Solusi Baik

Semua masalah dapat diselesaikan dengan komunikasi.

Ayo Bicara, Menebar Solusi Baik
Komunikasi
Ayo Bicara, Menebar Solusi Baik

Masalah, satu kata yang lazim kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Hidup dan masalah layaknya dua mata pisau yang akan selalu berjalan beriringan. Bahkan bisa jadi keberadaan masalah adalah penanda denyut kehidupan yang paling nyata.

Terdengar wajar dan manusiawi memang, meski pada nyatanya didera masalah akan membuat kepala terus berdenyut sepanjang hari, menghilangkan nafsu makan, dan semangat hidup yang tadinya membara. Padahal, menghilangkan kosakata "masalah" dari kehidupan sehari-hari jelas tidak mungkin. Selama nafas masih ada, percayalah, masalah akan terus datang silih berganti.

Lantas? Apa yang harus kita lakukan untuk menyikapi masalah? Bersikap antipati atau malah mencoba berdamai dengan masalah? Pilihan yang pelik! Namun, memusuhi masalah juga tak akan membuat hidup jadi lebih tenang. Tak mungkin rasanya membenci hal yang seumur hidup akan selalu ada.

Mencoba berdamai dengan masalah rasanya jadi pilihan yang jauh lebih baik. Mencoba hidup berdampingan dengan hal yang tidak disukai, tentu tetap dengan mempertimbangkan baik buruknya agar kita tidak dirugikan. Menarik, bukan?

Nah, lalu apa yang harus kita lakukan untuk bisa hidup tenang walaupun kerap didera masalah? Tentu dengan menyelesaikan masalah. Iya, sebisa mungkin jangan menunda untuk menyelesaikan masalah, Solusi adalah kunci agar kita bisa hidup lebih tenang, meski masalah terus datang silih berganti.

Lalu apa yang harus kita lakukan agar solusi lekas diperoleh? Ada satu hal sederhana yang bisa kita lakukan dengan mudah. Aktivitas yang sudah biasa kita lakukan sehari-hari, komunikasi. Hanya dengan berkomunikasi? Kok bisa? Lantas mengapa komunikasi bisa menjadi kunci penyelesaian masalah?

1. Komunikasi adalah Pintu untuk Memahami Keinginan Pihak-pihak yang Berseteru

Dengan mau berbicara, mencurahkan keluh kesah dan harapan, pihak-pihak yang berseteru akan mengungkapkan isi hati. Mau mendengarkan isi hati orang lain, akan membuat ketegangan mencair. Pembicaraan terasa lebih ringan dan segera menemukan titik terang.

2. Setelah Tahu Keinginan Masing-masing Pihak, Kita Bisa Segera Berkompromi

Mau saling mendengarkan, membuat segalanya lebih mudah, bukan? Nah, setelah tahu keinginan masing-masing pihak, yang perlu kita lakukan adalah berembug agar segera menemukan jalan tengah. Win-win solution. Tentu, kalian harus mau berkompromi, ya! Jangan mau menang sendiri!

3. Dengan begitu, Masalah Lekas Terselesaikan Tanpa Ada Pihak yang Merasa Terabaikan

Solusi sudah didapat! Lantas apa lagi? Segera dieksekusi, dong! Lakukan eksekusi dengan seoptimal mungkin. Setelah itu tetap jaga hubungan dengan melakukan komunikasi yang baik. Dengan begitu energi positfi akan terus tertebar dan kemunculan masalah bisa diminimalisir.

Jadi bagaimana? Mudah bukan? Sudah siap menyelesaikan masalah dengan membangun komunikasi yang baik? Ayo segera lakukan, tunggu apa lagi! Pasti bisa! Mari terus menebar energi positif!