RUMAH KU LAB KOMPUTER

RUMAH KU LAB KOMPUTER
sumber www.mikroskil

Semenjak UNBK di tahun 2018 digalakkan di seluruh provinsi Jawa Timur tugas baru dari lembaga pendidikan mulai saya kantongi sebagai Proktor UN. Tidak mudah bagi saya yang mulanya hanya suka otak-atik media sosial dan sering kali dihadapkan dengan tugas yang mengharuskan menggunakan microsof office, bisa dibilang masih standar sebagai pendidik untuk melek teknologi.

Dengan analisa seperti itu pimpinan memberi mandat kepada saya untuk menjadi Proktor  ujian, tentu ada beban dan ketakutan sendiri. Secara pribadi saya tidak pernah bersentuhan dengan hal-hal yang ribet terkait aplikasi yang notabene untuk pengerjaan soal khususnya ujian nasional. Rasa khawatir muncul dengan dalih tidak faham bahasa-bahasa software dan hardwarenya computer.

Namun seiring berjalannya waktu, ternyata semua bisa teratasi dengan sangat mudah, dan kadang di jalan menemukan kendala yang ternyata cukup sering dirasakan Proktor lain terkhusus perempuan. Sampai pada saat ini kepercayaan untuk menjadi Proktor masih saya kantongi. Awalnya memang bagi saya ini pekerjaan laki-laki, namun dalam hati tidak setuju jika hal-hal yang bersifat komputerisasi dilabelkan pada laki-laki. Perubahan mindset yang satu ini harus saya enyahkan dengan eksistensi diri sebagai perempuan yang punya andil sama dalam memahami sebuah ilmu.

Kenyataannya memang di lingkungan kota kami, Proktor rata-rata adalah laki-laki dan perempuan masih minoritas dalam bidang ini. Bisa jadi hal ini juga karena pemikiranya sama dengan saya saat itu. Tetapi sejauh yang saya rasakan menjadi Proktor di sebuah lembaga ini ada banyak hal baru yang saya dapatkan, yakni kita dilatih kesabaran disaat aplikasi yang kita gunakaan ada trouble dari pusat, diuji kembali tingkat kesabaranya pada level lebih tinggi dengan 3 bulan terahir ini hanya berada di dalam lab computer selama-anak-anak ujian. Namun yang paling penting adalah ada kepuasan tersendiri di saat anak-anak didik kita menyelesaikan tugas dan mereka kita kawal dengan baik, ada rasa yang tak bisa diungkapkan kecuali kata syukur atas segala hal yang diberikan.

#TheWritersBatch7