Semua Masalah dapat diselesaikan dengan Komunikasi

Semua Masalah dapat diselesaikan dengan Komunikasi

Semua Masalah dapat diselesaikan dengan Komunikasi
parents to children

Semua masalah dapat diselesaikan dengan komunikasi

 

Apa benar semua masalah bisa diselesaikan dengan Komunikasi?

karena komunikasi merupakan dialog dua belah pihak yang bisa saja berbeda pendapat dan pendirian. Dialog berarti  :

1) Mau mendengarkan

2) Tidak mementingkan diri sendiri,Win Win Solution

3)Fokus pada solusi bukan masalah

4)Tidak memaksakan kehendak

5)Mau menerima perbedaan dan keterbatasan

Apabila tidak mau mengindahkan hal hal di atas bisa saja komunikasi berujung pada kebuntuan.

Misalnya saja di jaman pandemic Covid 19 anak-anak bisa saja tidak betah atau tidak bahagia tinggal di rumah saja mereka mau pergi ke tempat ngumpul-ngumpul tanpa mengindahkan resiko tertular yang membawa resiko kematian buat orang tua karena tidak mau menerima keadaan yang mengharuskan tinggal di rumah, walaupun orang tua sudah memberitahukan.

Apabila mereka mau mengerti keadaan maka mereka dengan suka rela mau tinggal di rumah untuk kepentingan dan keamanan bersama sekeluarga.

Yang lainnya misalkan buruh dan pengusaha.,karena pandemic Covid 19 bisa saja upah tidak bisa naik, tapi buruh tidak mau mengerti dan melakukan demonstrasi atau melakukan pengrusakan yang mengakibatkan kerugian bagi pengusaha dan akibatnya perusahaan tidak bisa berjalan dengan semestinya.

Seandainya buruh mau mengerti keadaan maka mereka berusaha memahami keadaan walaupun secara realitas sulit untuk dipahami tapi untuk kepentingan bersama, Mereka dengan pengertian untuk menerima tidak naiknya upah.

 

 Jadi semua masalah bisa diselesaikan dengan komunikasi dengan catatan masing-masing pihak mau menahan diri dan mempunyai persepsi yang disama dilandasi hal-hal di atas, Tidak ada yang tidak mungkin selama kedua belah pihak saling bertoleransi dan mencari solusi yang baik bersama.Tanpa itu semua adalah sia-sia belaka.