Cara Mengatasi Hambatan dalam Berumah Tangga

Komunikasi dengan pasangan dengan baik akan membuat rumah tangga bahagia.

Cara Mengatasi Hambatan dalam Berumah Tangga

 

Tidak ada orang yang ingin memiliki masalah di dalam hidup. Namun, masalah seringkali datang tanpa diminta. Sama halnya dengan hidup, dalam berumah tangga pun masalah selalu hadir. 

Pepatah mengatakan dalam berumah tangga bukannya berkurang masalah, tetapi bertambah banyak masalah. Tentu saja perkataan itu ada benarnya. Karena seiring bertambahnya anggota keluarga, bertambah pula permasalahan di dalamnya. Namun, apakah rumah tangga akan goyang atau hancur karenanya? Tentu saja itu bukan keinginan dari setiap pasangan pernikahan.

Ketika dua orang sudah berkomitmen menjadi pasangan, mereka harus berkomitmen juga dengan konsekuensi yang terjadi pada keduanya. Dua orang yang berbeda karakter/watak akan sulit beriringan jika tidak ada komunikasi yang baik di antara keduanya.

Hambatan dalam membangun kehidupan berumah tangga yang sehat tentu tidak mudah. Dibutuhkan komunikasi yang baik di antara pasangan. Berbicaralah dari hati ke hati.  Hambatan-hambatan ini akan mampu diatasi jika pasangan itu melakukan beberapa hal berikut ini.

Pertama, kedua pasangan harus bersyukur karena telah dihalalkan dalam sebuah pernikahan. Sikap merasa beruntung karena sudah berhasil diikat dalam sebuah pernikahan harus tertanam kuat di hati. Banyak pasangan yang tidak berani melanjutkan hubungan dalam biduk pernikahan. Jadi, jika Anda sudah berada di dalamnya, maka Anda adalah orang yang hebat.

Kedua, sikap menerima pasangan. Penerimaan pada kelebihan dan kekurangan dari pasangan harus disadari sejak dini. Pasangan Anda adalah orang lain yang memang memiliki kebiasaan atau kesukaan yang berbeda dengan Anda. Jangan paksakan dia mengikuti keinginan Anda. Biarkan dia melakukannya karena lambat laun, Anda dan dia akan beradaptasi dengan kebiasaan masing-masing.

Ketiga, jika Anda belum juga beradaptasi dengan kebiasaan pasangan, maka sampaikanlah dengan cara yang baik. Bila perlu, Anda dapat memberikan masukan pada kebiasaan yang tidak Anda sukai.

Keempat, menunggu dan bersabarlah. Ini adalah salah satu trik jitu dalam mengatasi banyak permasalahan hidup. Jika semua cara sudah dilakukan, kita hanya perlu meningkatkan kesabaran pada pasangan.

Kelima, berdoalah. Ujian yang datang pada Anda dan pasangan juga datang pada pasangan lainnya. Jadi, jangan merasa sedih karenanya. Hakikatnya, hambatan/ujian berumah tangga itu merupakan tangga untuk kesuksesan di dunia dan akhirat.

Keenam, pasrahkan semua usaha Anda pada Yang Maha Kuasa karena yang mampu membolak-balikan hati pasangan Anda adalah Dia.

Jika kelima cara itu belum berhasil, maka Anda harus mengulangi lagi dari awal. Dengan melakukan cara itu, Anda akan banyak belajar dan mendapatkan ilmu dari pengalaman itu.

Sekarang, siapkan diri untuk menjadi lebih baik lagi dengan pasangan Anda!