Rumah Musim Panas di Finlandia

Rumah Musim Panas di Finlandia

 Finlandia terletak di Eropa Utara. Pada musim dingin, dinginnya cukup ekstrim, apalagi di Finlandia Utara tempat kami tinggal. Bisa sampai sekitar -30 atau lebih. Jadi waktu musim panas tiba dan  liburan musim panas mulai (resminya musim panas mulai tanggal 1 Juni), banyak orang Finlandia yang tinggal di rumah musim panas. Kalau tidak punya, bisa sewa karena banyak yang menyewakan. 

Rumah musim panas biasanya di tepi danau dan ”di tengah hutan” karena memang tujuannya menikmati alam dan menjauhkan diri dari hiruk pikuk kehidupan.

 Makin ke utara suasana alam makin terasa, banyak hutan dan danau. Alam di sini memang terpelihara dengan baik.

Kembali ke rumah musim panas.  Ada dua macam. Moderen dan tradisonal. Yang moderen ada listrik dan  kamar kecil seperti di rumah biasa. Yang tradisional tidak ada listrik (biasanya menampung daya dari matahari) dan kamar kecilnya, maaf,  tidak disiram dengan air tapi dengan serbuk kayu; memang benar2 seperti kembali ke zaman dahulu.

 Yang unik adalah jendelanya: rumah musim panas satu lapis karena memang hanya untuk musim panas; rumah tempat tinggal jendelanya tiga lapis, untuk menahan dingin yang ekstrim. 

Di rumah panas, orang-orang menikmati cuaca (terutama matahari)  dan tanaman (aneka macam bunga atau keperluan dapur seperti kentang, wortel  dan lain-lain termasuk juga strawberry).

Begitulah sekilas cerita tentang rumah musim panas. 

Catatan: Foto diambil dari google.