Mengenal Aromatherapy

Mengenal Aromatherapy

Mengenal Aromatherapy Part 1

 

Ramadhan kali ini benar -benar terasa istimewa bagi saya. Salah satu doa saya alhamdulillah Allah kabulkan. Saya ingin mengenal aromatherapy secara mendalam. 

 Izin Allah, Alhamdulillah awal Ramadhan kang @asep_herna bersama @naturalliindonesia,@gayaspajakarta, dan @essentiaindonesia, mengadakan webinar untuk mengedukasi kami mengenai The Power Of Aromatherapy.

 

Materi dibuka oleh bunda Yoyoh Rochma dari Indonesia Spa Professional Association (ISPA), beliau memberikan gambaran umum mengenai Aromatherapy yang disempurnakan oleh bunda Dian SS Maulana Said yang juga dari ISPA.

 

Selama ini saya mengetahui aromatherapy hanya sebatas dipakai oleh orang untuk relaksasi baik itu di spa maupun di teteskan pada difuser. Namun, webinar kali ini benar-benar membuat saya berkesan sekaligus bersyukur.  Materi yang disajikan begitu menarik, berikut ulasannya.

 

* Aromatherapy dan Indra Penciuman *

Bunda Yoyoh memberikan gambaran umum bagaimana aromatherapy bekerja pada indra penciuman. Aromatherapy juga bisa membantu menjaga kesehatan indra penciuman. Sesuatu yang baru saya sadari dan ngeh. Betapa saya sering luput merawat indra yang satu ini. Astaghfirullah. 

 

Menurut para peneliti, indra penciuman manusia dapat mengenali lebih dari satu triliun aroma. Masya Allah. Kebayang kan hebatnya Allah menciptakan manusia dengan sebaik baiknya bentuk. (QS At-Tin :4) 

 

Indra penciuman manusia akan bekerja dengan olfactory cleft, yang ditemukan di atap rongga hidung, di bagian otak yang berfungsi sebagai pencium. Ujung saraf pada celah ini akan mengirimkan bau ke otak. Penciuman orthonasal menangkap bau di udara, saat bernafas melalui bagian depan hidung. Cara kerja lain yaitu, penciuman retronasal dimana informasi diperoleh dari mulut yang berkaitan dengan bagian belakang hidung. Pernahkah mencium bau dari makanan yang sedang dikunyah? Disinilah metode penciuman retronasal bekerja. Kedua metode ini mempengaruhi rasa, seperti aroma vanili yang membuat sesuatu terasa manis.  Begitu bau diidentifikasi bersama rasa, keduanya menjadi terkait, dengan demikian aroma mempengaruhi rasa dan rasa mempengaruhi bau.

 

Mengenal Aromatherapy Part 2

 

Saraf penciuman adalah satu-satunya saluran yang terbuka menuju otak. Melalui saraf ini, aromaterapi akan melingkari ke bagian otak sehingga mampu menstimulus memori yang terpendam dan dapat mempengaruhi emosional. Aromaterapi tersebut juga langsung menyentuh pusat emosi dan menyeimbangkan kondisi emosional. 

 

*Sejarah Aromatherapy*

Sejatinya peradaban manusia telah mengenal aromatherapy sejak 6000 tahun silam. Rasulullah SAW yang hidup di abad ke 6 dan ke 7 memiliki kecintaan terhadap aroma wangi-wangian. Berdasarkan catatan sejarah, pada abad ke 7 M, para Ahli kimia Arab berupaya mencari saripati dari tanaman. 

 

Pada Abad ke 9 M, ahli kimia Muslim legendaris bernama Yakub Al Kindi (803-870M) telah mampu menciptakan beragam jenis minyak essensial, hal ini terdapat pada buku beliau berjudul Perfume Chemistry and Destillation.

 

Ilmuan lain, Jabir ibnu Hayyan alias Geber, menciptakan teknologi penyulingan minyak essensial dari beragam tumbuhan dan bunga, selain itu beliau juga menjelaskan teknik penyulingan aromatherapy (essensial oil) Semua penemuannya dijelaskan dalam buku beliau berjudul Summa Perfectionis.

 

Ibnu Sina, atau dikenal dengan nama Avicenna, sebagai orang pertama yang membuat sarana penyulingan minyak essensial melalui suatu sistem pipa melingkar yang menghasilkan uap air dari tamaman. Uap panas yang menjadi dingin akan lebih optimal konsentrasinya karena diambil dari minyak tanaman (atsin)dan disuling. Selain itu  menjelaskan bahwa minyak essensial dan aromatik tumbuhan dapat digunakan secara ekstensif dalam praktik penyehatan, terangkum dalam buku beliau berjudul Qanun fii A Tibb atau Canon of Medicine.

 

Meskipun Babilonia, Yunani dan Mesir kuno telah melakukan destilasi namun para ahli muslim dari khalifah Abbassiyah yang akhirnya menyempurnakan proses pemurnian destilasi, untuk memurnikan senyawa kimia dan juga mengembangkan attars atau minyak wangi.

 

Tahun 1920 Ilmuan kimia Perancis Rane Maurice Gattefosse memperkenalkan aromateraphy di Eropa.

 

Mengenal Aromatherapy Part 3

 

*Pengertian, Sifat dan Jenis Aromatherapy*

 

Aromatherapy merupakan istilah bagi salah satu jenis pengobatan alternatif yang menggunakan bahan cairan tanaman yang mudah menguap. Dikenal sebagai minyak essensial, dan senyawa aromatik lainnya dari tumbuhan. Bertujuan untuk mempengaruhi suasana hati atau kesehatan seseorang yang sering digunakan dengan praktek pengobatan alternatif.

 

Tadabbur Al Qur'an mengenai hal ini terdapat dalam surat Ar Rahman :11-12.

"Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang. Dan biji bijian yang berkulit dan bunga -bunga yang harum baunya "

 

Sifat Aromatherapy diantaranya, mudah menguap khususnya jenis sitrus, melelapkan, menyejukkan, menenangkan, melancarkan proses pencernaan,melancarkan peredaran darah dan melegakkan pernafasan.

 

Ada sekitar 150 jenis tumbuhan yang bisa diambil menjadi minyak essensial murni dan dapat digunakan sebagai pencegahan dan penyembuhan penyakit, diantaranya :

 

1. Untuk menekan keinginan makanan yang manis -manis bisa menggunakan aroma vanilla.

2. Untuk mengatasi stress, aroma jasmin, ylang-ylang, anggur, lavender, mawar dan jeruk.

3.Untuk menambah semangat aroma ambergis, musk dan lemongrass.

4. Untuk mengatasi depresi , aroma lemon, pala, ylang-ylang, basil dan cendana.

 

Penggunaan lebih lengkap ada pada gambar ya teman teman.

 

*Karakteristik EO Murni*

Memiliki 70%kosentrat bersifat dinamis, anti septik, meremajakan kulit, mengaktifkan kulit melalui pori pori, mengaktifkan mental dari hidung ke seluruh tubuh. 

 

*Membedakan EO murni dan sintetik *

EO Murni rentan terhadap cahaya dan panas, biasanya memakai botol kaca berwarna gelap.

EO dapat teroksidasi dan menguap karenanya botol yang digunakan berukuran 5-30ml.

EO memiliki efek kuat terhadap bahan olahan plastik, karena ia dapat mengurai plastik

Harga yang tinggi dan berbeda antar jenisnya, tergantung konsentrat tiap tanaman. Dalamp prosedur pengolahannya tidak ada jenis yang sama. 1EO mawar bulgaria memerlukan bahan baku bunga mawar 2000kg. Sedangkan 1kg jasmine membutuhkan bahan baku 8 juta kuntum bunga,100 kg lavender mengahasilkan 100 gr EO lavender, dll. Mengapa EO Murni begitu mahal.

Kesimpulan

 

Ramadhan adalah bulan suci, selain itu di bulan ini juga merupakan media pengembalian fitrah manusia. Khususnya aspek fitrah keimanan,  dan jasmani.

 

Aromatherapy bisa menjadi alternatif bagi kita semua untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuh khususnya Indra penciuman. Tentunya dengan menggunakan  Essensial Oil yang murni, sehingga diharapkan bisa meregenerasi sel untuk terus berfungsi dengan baik, sebagai bentuk dari rasa syukur kita pada Allah karena telah diberikan bentuk dan fungsi tubuh yang luar biasa sempurna.

 

Selain dari slide narasumber, saya juga merangkum materi ini dari buku dr. Meity Elvina dan Siti Aisyah Hambali yang berjudul Nutrisi Gen Qu, melalui Tadabbur Qur'an dan Sunnah.

 

Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika banyak kurang. Wallahu 'alam

 

#essentiaindonesia  #naturalbali #gayaspa