PAHLAWAN EKONOMI DI MASA PANDEMI

Siapa yang bisa jadi pahlawan ekonomi di masa pandemi begini?

PAHLAWAN EKONOMI DI MASA PANDEMI

PAHLAWAN EKONOMI DI MASA PANDEMI

Katanya, Indonesia menuju resesi. Benar? Apa hanya sensi?

Tentu saja ucapan itu berdasarkan data. Sudah banyak negara mengalami resesi saat pandemi ini.

Versi KBBI, resesi yaitu kelesuan dalam kegiatan dagang, industri, dan sebagainya (seolah-olah terhenti); menurunnya (mundurnya, berkurangnya) kegiatan dagang (industri).

Kalau versi ekonomi, resesi itu ketika pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal atau lebih, dalam setahun.

Jadi intinya, selama pandemi ini, kegiatan ekonomi, jual-beli, turun karena semua dipaksa di rumah oleh keadaan.

Korbannya? Para pedagang. Besar sampai kecil. Yang besar, mungkin masih punya tabungan, yang tadinya akan diputar untuk investasi, aset, dan lain-lain. Atau malahan banyak utangnya. Risiko. 

Yang kecil? Bisa jadi lebih parah. Profit gak seberapa, atau ambil untung secukupnya, tiba-tiba penjualan harus drop. Karena biasanya jualan melapak, sekarang lapak ditutup.

Solusinya masih ada. Jualan online. Toh kurir masih beroperasi. Bahkan sebagian menetapkan protokol kesehatan ala covid juga.

Siapa pahlawannya? Kita. Yang membeli produk-produk mereka. Mereka yang adalah teman-teman kita juga.

Coba cek lagi ring-1 kita.

Ada yang jualan daging?
Ada yang jualan sayur?
Ada yang jualan beras?

Adakah yang jualan cuanki?
Atau jualan maranggi?
Mungkin kue dan roti?

Pasti ada juga yang jualan kosmetik?
Agar di rumah tetap cantik?
Atau masker, yang sekarang sobatan dengan hand sanitizer?

Kalau mau merasa jadi pahlawan ekonomi di masa resesi, belanja aja ke teman-teman kita itu.
Insya Allah akan sangat membantu.
Setidaknya bantu forward dagangannya gitu.
Pasti jadi sesuatu.

Ini adalah gerakan #BelanjaSamaTeman yang diinisiasi Pak Subiakto Priosoedarsono. Guru, bapak, panutan, soal brand dan branding di negeri ini. Supaya tetap bisa Indonesia Spicing the World.

Kalau roda gerigi ekonomi yang kecil-kecil itu tetap berputar, ia akan membawa putaran pada roda gerigi ekonomi pada skala lebih besar. Bukan tidak mungkin menginspirasi dunia.

Kita bahas ini lebih dalam 24 Agustus 2020. Event 1 tahun Rebranding Indonesia. Nanti Papa Online Sandiaga Uno Insya Allah jadi keynote speakernya.

Tetap waras.
Tetap sehat.
Otak terus mikir keras.
Supaya ekonomi mulai kembali melesat.

#BelanjaSamaTeman
#RebrandingIndonesia
#IndonesiaSpicingTheWorld
#IndonesiaBisa