KOMUNIKASI KE KONSUMEN DI MASA PANDEMI MAKIN SULIT? INI SOLUSINYA!

Berbisnis bersama smartbisnis makin memudahkan pelaku UMKM dalam membangun komunikasi, baik pada konsumen dan sesama pelaku bisnis.

KOMUNIKASI KE KONSUMEN DI MASA PANDEMI MAKIN SULIT? INI SOLUSINYA!
Sale vector created by pch.vector - www.freepik.com

Bagi para pebisnis pemula, salah satu masalah yang kerap dihadapi adalah sulitnya menemukan wilayah atau layanan yang menguntungkan cum menarik, dalam mengiklankan produk-produknya secara luas, laiknya yang dilakukan perusahaan / para pebisnis besar. Para pebisnis pemula sulit bergerak dalam kompetisi semacam ini karena kurangnya relasi. Mereka kekurangan pula pengetahuan untuk bertukar informasi seputar kebutuhan, peluang penetrasi pasar, dan trik berbisnis lain karena tak menemukan perkumpulan yang tepat. Padahal promosi bisnis dan pengetahuan yang mumpuni itu penting. Bukan hanya untuk mengikat komunikasi baik langsung atau secara tidak langsung kepada konsumen, namun juga bagaimana kita dalam berbisnis mampu membaca persaingan yang ada. Belum lagi di masa pandemik saat ini, semua kegiatan dilakukan di rumah. Ini tentu berdampak pada bisnis yang baru dimulai. 

Pebisnis pemula bisa saja memindahkan semua kegiatan jual beli di dunia digital. Namun tanpa perencanaan yang baik, tentu itu tak akan memberikan hasil yang diharapkan, bukan? Eits, jangan pesimis dulu! Jalan itu sudah benar. Berbisnis di dunia digital di masa pandemi ini bisa jadi pilihan tepat. Dilansir dari buletin Asosiasi Penyelenggara Data Internet Indonesia (APJII, 2020) bahwa jumlah pengguna internet Indonesia hingga kuartal II 2020 meningkat, mencapai hingga 73,7%. Dunia digital bertransformasi sebagai kebutuhan dalam menyokong kegiatan sehari-hari. Lalu bagaimana dengan kerangka perencanaan dan akses informasi bagi mereka yang masih hijau di dunia bisnis lokal? 

Itulah mengapa TELKOM Indonesia memberikan peluang dan kemudahan berbisnis kepada para penggiat UMKM melalui program smartbisnis. Smartbisnis merupakan solusi pintar membangun komunikasi yang lebih baik terhadap para konsumen dan pebisnis lainnya. Dengan mengikuti program ini, bukan tidak mungkin bagi pebisnis pemula untuk berinovasi dan memberikan produk terbaik bagi pasar yang sesuai. Demi kelancaran bisnis UMKM, TELKOM Indonesia akan memastikan kualitas internet anda sebagai yang terbaik dalam membangun usaha dan pelayanan konsumen. Selain memfasilitasi kualitas internet, TELKOM Indonesia juga menyediakan produk-produk smartbisnis yang dapat diakses secara mudah seputar artikel bisnis, seperti rencana, bagaimana menjalankan bisnis dengan efektif, peluang bisnis di bidang lain, bahkan referensi komunitas. Smartbisnis juga memberikan bantuan berupa smart funding melalui program kemitraan, sehingga para pebisnis pemula tak perlu takut atau kurang percaya diri bila mereka membutuhkan bantuan modal.

Itu saja? Masih ada! smartbisnis pun menyediakan layanan berupa solusi-solusi lain yang lebih spesifik seperti Adwiz, dimana pebisnis dapat menggunakan layanan beriklan secara terukur dan terjangkau, aplikasi lain yang dapat memudahkan pebisnis dalam kegiatan transaksi hanya dalam satu platform, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apa lagi? Masih mengeluh susahnya berbisnis dan membangun komunikasi terhadap konsumen di masa pandemi? Langsung saja cek website resminya di smartbisnis.id. Dengan jaringan yang lancar dan informasi berimbang, komunikasi akan menjadi mudah. Dengan kemudahan-kemudahan yang diperoleh, sebagai pebisnis, bukan tidak mungkin kamu bisa mencapai mimpimu lebih tinggi lagi!

DAFTAR PUSTAKA

TIM APJII. 2020. Survei Pengguna Internet APJII 2019-Q2 2020: Ada Kenaikan 25,5 Juta Pengguna Internet Baru di RI. Buletin APJII. Edisi 74 (Nov 2020).

​​​​

 

Dapatkan reward khusus dengan mendukung The Writers.
List Reward dapat dilihat di: https://trakteer.id/the-writers/showcase.