SEMUA MASALAH DAPAT DISELESAIKAN DENGAN KOMUNIKASI

KOMUNIKASI

SEMUA MASALAH DAPAT DISELESAIKAN DENGAN KOMUNIKASI

 

Pemecahan masalah dalam organisasi modern adalah olahraga tim. Sukses sebagai tim berasal dari kerja sama (berbagi wawasan dan informasi), kolaborasi (mengembangkan ide bersama), ketegasan dan tindakan yang terkoordinasi. Komunikasi adalah perekat yang mengikat tim dan memungkinkan mereka untuk bekerja sebagai satu kesatuan. Tidak ada tempat di perusahaan Anda yang lebih kritis daripada proses pemecahan masalah. Saat taruhannya tinggi adalah saat kinerja puncak paling dibutuhkan. Anda akan menemukan bahwa menyampaikan komunikasi yang baik di bidang-bidang ini akan memberi Anda dan organisasi Anda manfaat.

· Memanfaatkan keahlian - Setiap anggota tim Anda membawa keahlian, pengetahuan dan perspektif unik yang dapat membantu dalam proses pemecahan masalah. Komunikasi sangat penting, tidak hanya untuk memastikan bahwa perspektif setiap orang ditangkap, tetapi juga untuk menunjukkan bahwa kontribusi setiap orang dihargai dan mendorong partisipasi lebih lanjut dalam proses pemecahan masalah.

 

· Menilai dampak dan implikasi hilir - Setiap orang di tim memiliki sudut pandang unik tentang masalah dan bagaimana hal itu sesuai dengan gambaran yang lebih besar dari organisasi. Hanya melalui komunikasi, berbagai sudut pandang dapat disatukan menjadi perspektif yang akurat dan komprehensif tentang masalah dan dampaknya terhadap operasi dan aktivitas hilir.

 

· Membuat keputusan yang mempertimbangkan keseluruhan sistem - Tanpa komunikasi yang efektif, akan ada kecenderungan untuk membuat keputusan pemecahan masalah yang hanya membahas gejala langsung dan/atau bagian dari sistem yang secara langsung terkait dengan masalah yang dihadapi. Dengan menyertakan audiens pemangku kepentingan yang lebih luas dalam komunikasi masalah, pengambil keputusan dapat meminta masukan tentang dampak yang lebih luas bagi organisasi dan memilih tindakan yang menguntungkan seluruh sistem.

 

· Melaksanakan sebagai satu unit - Memecahkan masalah bisnis dan operasi yang kompleks sering kali melibatkan banyak bagian yang bergerak untuk mencapai hasil yang diinginkan. Mengkoordinasikan aktivitas individu dalam tim untuk memastikan penggunaan sumber daya yang efisien dan menghindari konflik atau duplikasi dapat menjadi tantangan. Komunikasi intra-tim yang efektif penting untuk memastikan bahwa setiap orang di tim mengetahui apa yang sedang terjadi dan peran yang perlu mereka mainkan.

 

· Membuat dampak melekat (perubahan nyata dimulai dengan kesadaran) - Tim pemecahan masalah bekerja sangat keras untuk menganalisis situasi, mengembangkan alternatif, membuat keputusan dan melakukan tindakan korektif untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Ada banyak pengetahuan yang diperoleh melalui proses ini yang dapat membantu organisasi menghindari situasi yang berulang di masa mendatang dan/atau mempercepat penyelesaian jika situasi tersebut terjadi lagi. Komunikasi organisasi dan membangun kesadaran dapat membantu membuat manfaat dari pemecahan masalah tetap melekat.

 

· Mengelola ekspektasi pemangku kepentingan - Keyakinan pemangku kepentingan dalam kemampuan memecahkan masalah Anda lebih didasarkan pada apa yang Anda komunikasikan daripada apa yang sebenarnya Anda lakukan. Memastikan komunikasi pemangku kepentingan dilakukan dengan hati-hati, tepat waktu dan bijaksana dapat berperan besar dalam mengurangi tingkat tekanan eksternal yang diberikan pada tim pemecahan masalah. Untuk melakukan ini, komunikasi pemangku kepentingan perlu menjadi bagian standar dari proses pemecahan masalah dan tidak didekati sebagai aktivitas ad-hoc.

 

Melalui komunikasi yang efektif dan bekerja sebagai tim, masalah yang paling sulit pun dapat diselesaikan.