Pentingnya komunikasi yang baik

Semua masalah bisa diselesaikan dengan komunikasi

Pentingnya komunikasi yang baik

Pentingnya komunikasi yang baik

Manusia makhluk sosial yang hidup dengan saling membantu, dalam membantu saat komunikasi sering sekali terdapat konflik yang didapat. Konflik tersebut sering terjadi karena kesalahpahaman, pengetahuan dan pendapat. Konflik terjadi karena dengan interaksi komunikasi. Komunikasi bisa terjadi sebagai penyebab dan solusi.

Kesalahan Komunikasi terjadi dapat diperbaiki dengan membangun komunikasi dengan baik, seperti :
1. Memahami pendapat orang lain dengan tidak mengambil pemikiran sepihak.
2. Mencoba bertanya saat tidak mengerti pesan yang disampaikan.
3. Menggunakan kata penyampaian yang baik untuk mengurangi kesalahpahaman.

Kesalahan penyampaian komunikasi bisa terjadi dalam komunikasi verbal ataupun nonverbal.
Komunikasi verbal seperti, komunikasi yang dilakukan secara langsung. Menyampaikan pesan dengan ini bisa terjadi kesalahpahaman juga saat penerima pesan salah menanggapi. Namun saat melakukan komunikasi verbal bisa dilakukan dengan baik dengan cara sebelum penyampaian pesan dilakukan untuk dipersiapkan atau dipikirkan terdahulu untuk apa yang ingin disampaikan.
Lalu ada juga komunikasi nonverbal, komunikasi ini dilakukan secara tidak langsung dengan bukan seperti Anda tidak bertemu dengan lawan bicara contoh seperti sebelum anda bercerita anda telah memberikan ekspresi yang belum tentu penerima pesan memahami arti mimik muka yang anda berikan. Namun lebih baik saat anda memberikan pesan nonverbal dengan cara menceritakan terlebih dahulu bersamaan dengan ekspresi sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.
Namun dari semua ini mengartikan apapun masalah yang dilakukan dapat diselesaikan pula dengan memberikan komunikasi yang baik kepada lawan bicara.
Karena dalam kehidupan sosial selalu terjadi  konflik sosial yang disebabkan oleh komunikasi yang berlangsung di berbagai kehidupan dari yang paling sederhana sampai kepada yang paling kompleks.
Untuk menciptakan kehidupan sosial yang damai dan harmonis dalam kehidupan sosial dipelukan komunikasi yang baik pada komunikator, pesan mendia, maupun komunikan, melibatkan nilai-nilai kebersamaan. Untuk itu, disarankan agar komunikasi diciptakan secara konsisten dan selalu menghindari komunikasi yang bersifat inkonsisten, yang diwarnai ambisi pribadi atau kelompok.