MEMBONGKAR CARA BERPIKIR TEAM KREATIF HOLYWINGS

MEMBONGKAR CARA BERPIKIR TEAM KREATIF HOLYWINGS

Coba lihat iklan Holywings di atas. Sebagai seorang Creative Advisor periklanan, saya bisa memperkirakan apa yang terjadi dibalik iklan yang menghebohkan itu. Analisa saya begini.

Orang kreatif itu unik. Ketika menemukan sebuah ide dan merasa idenya keren banget maka otak mereka jadi sulit berpikir jernih. Fokus mereka hanya memikirkan bagaimana supaya ide tersebut bisa dieksekusi. Yang mereka pikirkan bukan apakah ide tersebut berbahaya atau tidak tetapi bagaimana mencari pembenaran-pembenaran dari ide tersebut.

Misalnya, kenapa mereka memilih nama Muhammad dan Maria? Saya yakin alasan mereka: Muhammad dan Maria adalah nama yang sangat umum. Bahkan nama Muhammad paling banyak dipakai di seluruh dunia. Artinya mereka merasa telah mendapat argumentasi dari pilihan nama tersebut.

Mungkin salah seorang dari team tersebut ada yang bilang, "Tapi ini terlalu kontroversial. Bisa bahaya."

Si pemilik ide tetep ngotot dan saya memperkirakan jawabannya begini, "Malah bagus. Justru karena kontroversial maka iklan kita akan menjadi viral."

Dan akhirnya beneran viral. Tapi bukan viral seperti yang mereka harapkan. Endingnya betul-betul membuat saya merasa miris. Sebuah kelalaian yang harus dibayar sangat mahal. Bukan cuma outletnya ditutup tapi seluruh team yang terlibat dalam pembuatan iklan itu pasti mendapat ancaman hukum yang berat.

Satu hal yang harus dipahami bahwa di jaman digital ini kita harus hati-hati banget. Banyak mata mengintai di mana-mana. Jika kita ingin membuat sebuah karya yang cenderung kontroversial, saran saya sebaiknya diriset dulu. Libatkan seluruh seluruh staff dalam korporasi untuk terlibat dalam riset tersebut. Kalo hasilnya memang membahayakan, jangan ragu-ragu: langsung drop karya tersebut.

Iklan memang disiplin ilmu yang unik. Ada banyak hal menarik untuk kita gali. Kalo kalian ingin menjadi orang iklan dan ingin mempelajari periklanan lebih dalam, pilihlah instruktur yang tepat.

Silakan klik link ini untuk mendapatkan info lebih lanjut.

https://thewriters.id/academy/sekolah-iklan

#TheWriters #SekolahIklan #OmBud #BudimanHakim #AsepHerna

Dapatkan reward khusus dengan mendukung The Writers.
List Reward dapat dilihat di: https://trakteer.id/the-writers/showcase.