TIPE PEMIMPIN MENURUT DARWIN, SEORANG PENGGEMAR BUBUR AYAM

TIPE PEMIMPIN MENURUT DARWIN, SEORANG PENGGEMAR BUBUR AYAM


Tipe pemimpin bisa dilihat dari caranya membeli bubur ayam.
Yang pertama adalah tipe pengatur atau bossy. Tipe pemimpin ini akan berteriak atau melambaikan tangan supaya gerobak bubur ayamnya yang mendatangi sampai depan pintu rumahnya meskipun jalan masuk sempit. Tipe ini pandai memanfaatkan kebutuhan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya tapi kurang memiliki rasa empati. Bagaimana nanti tukang bubur itu harus atret, atau harus berjalan mundur melewati lorong sempit yang menanjak, tidak akan dia pikirkan. Dalam pikirannya rejeki udah ada yang ngatur, tugas udah selesai saat gua bayar tuh semangkok bubur, selebihnya urusan Tuhan.

Tipe kedua adalah yang diam, ambil mangkok, lalu mendatangi si tukang bubur di ujung gang. Tipe ini adalah yang melayani dan punya empati, memikirkan juga kesulitan orang lain. Hanya tipe pemimpin ini dinilai terlalu banyak berpikir, idealis, lambat, dan terlalu banyak berdiskusi karena ingin menyenangkan semua pihak. Pekerjaan baginya adalah sesuatu yang holistik, mahayana. Mempunyai aspek pelayanan dan memperhatikan kondisi sekitar agar tercipta keselarasan.

Lalu tipe pemimpin mana yang dicari saat ini ?

Jawabannya adalah tipe pertama, yang berteriak dan memanggil tukang bubur sampai depan pintu rumahnya. Tipe pemimpin ini yang sekarang banyak dicari, yang bisa menyelesaikan pekerjaan apa pun caranya. Tipe pemimpin yang tidak perlu kompromi dan memikirkan kondisi sekitar agar tujuannya tercapai sesuai tenggat waktu. Tipe pemimpin yang berpikir, pokoknya pekerjaan saya sekarang selesai, untuk ke depannya serahkan pada pengganti saya. Syukur-syukur sudah bisa loncat ke level yang lebih tinggi sehingga lebih leluasa lagi untuk memanggil banyak tukang bubur ke depan pintu rumahnya.

Kelihatannya teori Darwin sudah mulai berlaku dalam situasi pandemi ini. Gazz teruzz yang penting target tercapai, kalo ada yang terpapar... BODO AMAT !