Pengetahuan, Pengalaman Sampai Skill Digital dari Manfaat Berkomunikasi di Internet.

Pengetahuan, Pengalaman Sampai Skill Digital dari Manfaat Berkomunikasi di Internet.
Sumber : https://www.pexels.com/@katerina-holmes

Komunikasi sangatlah penting untuk dilakukan sampai kapan pun. Karena sampai kapan pun, dimana saja dan kapan saja komunikasi penting dilakukan untuk saling bertukar informasi dengan orang-orang di sekitar kita. Komunikasi adalah proses menyampaikan informasi dari pihak satu ke pihak yang lain. Komunikator atau penyampai informasi adalah orang-orang yang dianggap memiliki pengetahuan yang mumpuni sebagai seorang penyampai informasi. Sedangkan komunikan atau penerima informasi adalah mereka yang membutuhkan informasi dari Komunikator untuk kelangsungan tujuannya selanjutnya. Komunikasi bisa dilakukan dengan lisan, tulisan dan juga bahasa isyarat. Komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai media, seperti internet, surat, pesan whatsapp, SMS, telepon, dll. 

 

Selain menyelesaikan masalah, Komunikasi menggunakan internet juga digunakan oleh orang-orang untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman sampai skill digital. Komunikasi-komunikasi tersebut yang membuat masyarakat lebih dekat dengan internet antara lain adalah sebagai berikut : 

 

1.   Quality Talk dengan Topik Seputar Pendidikan, Ekonomi, Sosial dan Budaya. 
Informasi mengenai Quality Talk atau bincang-bincang berkualitas dengan topik seputar pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya banyak ditemukan di social media baik dari perusahaan media, perusahaan jasa di bidang pendidikan, layanan umum, sampai platform online bimbingan pengembangan diri untuk edukasi seks dan perempuan. Aktivitas seperti ini biasanya menggunakan internet sebagai alat mereka untuk berkomunikasi seperti menggunakan Zoom, Google Meet, dan aplikasi penunjang meeting lainnya. Selain pengetahuan dan relasi, pertemuan dengan banyak orang untuk menyampaikan ide dan aspirasi seperti ini juga menawarkan benefit antara lain, e-sertifikat, give away produk-produk dari sponsor, lowongan volunteer, sampai membuka lowongan kerja. 

 

Galeri Pribadi.  

Sumber : Galeri Pribadi.

 

2.    Berpartisipasi dalam Kegiatan Sosial. 
Berpartisipasi dalam kegiatan sosial atau menjadi seorang Volunteer melalui internet juga banyak dijadikan pilihan oleh para freshgraduate untuk menambah pengalaman di CV mereka. Kegiatan sosial yang banyak ditawarkan  dengan membagi tim mereka menjadi beberapa Divisi dan dipilih berdasarkan kriteria-kriteria tertentu adalah di bidang pendidikan. Cara ini biasanya dipilih sebagai jalan pertama untuk mendapatkan banyak benefit karena baru lulus kuliah dan belum memiliki pengalaman organisasi seperti untuk mendapatkan sertifikat, ilmu dan skill digital, support system, pengalaman sampai praktik. 
 

Instagram.com/scholars_jatim

Sumber : Instagram.com/scholars_jatim

 

3.    Pelatihan Online Gratis. 
Pelatihan online gratis yang memberikan pelatihannya dengan materi lengkap yang mudah dipahami dan diakses  masih dirasa sulit untuk ditemukan dan didapatkan terutama di Indonesia. Akhirnya, pada bulan April tahun 2020, Pemerintah secara resmi membuka pendaftaran kartu prakerja untuk Gelombang 1 melalui website resmi Prakerja dengan beberapa syarat antara lain, warga negara Indonesia, berusia 18 tahun, dan tidak sedang sekolah/ kuliah. Dari pelatihan online gratis tersebut, para prakerja selain dapat memperdalam pengetahuan di bidangnya, mereka juga akan mendapatkan e-sertifikat dan juga uang insentif bulanan dengan syarat telah menyelesaikan materi, latihan soal dan webinar. Sampai di akhir tahun 2020, sudah ada 11 gelombang yang telah dibuka oleh pemerintah sebagai salah satu cara untuk mengurangi jumlah pengangguran. 
 

Instagram.com/prakerja.go.idSumber : Instagram.com/prakerja.go.id

 

4.    Bimbingan Pengembangan Diri. 
Selain platform online bimbingan pengembangan diri untuk edukasi seks dan perempuan, bimbingan pengembangan diri biasanya juga diberikan sebagai bekal dalam mencari pekerjaan dari persiapan kerja, mengelola stress selama menganggur, menentukan tujuan, serta hasil seperti apa yang ingin dicapai. Bimbingan intensif seperti ini biasanya juga disertai dengan kelas diskusi mingguan, materi webinar dengan para pakar, sampai info lowongan kerja. Selain itu, untuk peserta juga dibedakan dengan beberapa kategori seperti freshgraduate, freelancer, dan juga karyawan. Selain mendapatkan bimbingan konseling personal, pengetahuan, peserta juga akan mendapatkan e-sertifikat dengan syarat-syarat tertentu. 

 

Instagram.com/skillacademy.id

Sumber : Instagram.com/skillacademy.id

 

5.    Mengikuti Lomba atau Kompetisi. 
Selain quality talk di internet, berpartisipasi dalam kegiatan sosial, pelatihan online, dan bimbingan intensif, berkomunikasi juga dapat dilakukan dengan sebuah karya. Melalui pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, dari sebuah karya yang telah publish seseorang dapat bertukar informasi dari daerahnya dan juga topik-topik yang sedang trending sebagai ide untuk turut serta berkontribusi untuk negeri. Lomba atau kompetisi tersebut antara lain adalah menulis artikel sesuai dengan tema yang diminta, menulis essai, cerpen untuk menghibur para pembaca setianya, puisi, poster, fotografi, dll. Peserta juga bisa mendapatkan sertifikat dari keikutsertaannya dalam lomba atau kompetisi, uang total jutaan rupiah, medali, merchandise, dll. Atas keikutsertaanya tersebut, peserta juga bisa menambah jumlah sertifikat dan pengalaman serta portofolio di CVnya. 

 

Instagram.com/scholars_jatimInstagram.com/scholars_jatim

 

6.    Work from Home. 
Dari pengetahuan, pengalaman dan skill digital yang telah dimiliki dengan dibuktikan sertifikat dan portofolio, tentu saja seseorang dapat lebih mudah dilirik oleh HRD dan lebih cepat dalam memperoleh pekerjaan. Pada tahap interview, seseorang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup akan lebih mudah menghadapi interview HRD sampai interview user. Selain bermanfaat untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal yang positif, menambah pengalaman, pengetahuan dan portofolio, ke – 5 poin di atas juga dapat berfungsi sebagai wadah untuk mengurangi jumlah pengangguran yang jumlahnya semakin bertambah banyak di Indonesia, terutama setelah adanya wabah Virus Covid-19. 

Selain itu, selama adanya wabah Virus Covid-19 banyak perusahaan yang menjalankan sistem kerja dari rumah (work from home) dimulai dari membuka informasi lowongan kerja, proses melamar pekerjaan, tes sampai interview karena kebutuhan perusahaan di masa sulit seperti ini. Perusahaan-perusahaan yang menjalankan sistem WFH atau Work from Home, biasanya adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa layanan di Dunia Digital dengan syarat memiliki portofolio dan pengalaman kerja sesuai bidang bagi para pelamarnya sebagai syarat utama untuk melamar pekerjaan. 
 

Instagram.com/Indonesia_freelancerSumber : Instagram.com/Indonesia_freelancer