Mulai Yuk? : Jalin Komunikasi Agar Tidak Salah Interpretasi

Semua Masalah dapat Diselesaikan dengan Komunikasi

Mulai Yuk? : Jalin Komunikasi Agar Tidak Salah Interpretasi
source: dramafever.com

Pernah bertemu dengan orang yang pendiam, bahkan hanya tertawa kecil sebagai bentuk respon atas pembicaraan mu? Sepertinya semua orang sudah bertemu dengan orang seperti itu. Mungkin diri sendiri merasa dongkol setengah mati karena respon yang terlihat “nggak niat” atau bahkan tidak ada respon sama sekali. Padahal, komunikasi itu merupakan sebuah upaya membangun relasi. Entah bagaimana pun bentuk koneksi yang dibentuk, rasanya tidak ada salahnya untuk memulai. Sekedar bertegur sapa, atau bahkan mengobrol santai tentang hal yang enteng.

Patut disadari, kurangnya komunikasi dalam sebuah hubungan akan membuat manusia menjadi saling tidak tahu-menahu atas sesuatu yang terjadi. Masalah yang hadir sering kali terjadi akibat kurangnya komunikasi yang terbangun di antaranya. Keras kepala, sedang dalam perasaan emosi, atau bahkan bersikap individualis bisa menjadi alasan mengapa tidak pernah ada yang mencoba mulai lebih dulu.

Adakalanya, untuk membangun sebuah relasi dengan seseorang tidak selalu mudah. Tidak ada yang tahu bagaimana sikap dan respon dari orang tersebut. Apalagi dirasa ‘sok akrab’ tentu bukan hal diinginkan. Renggangnya sebuah hubungan atau bahkan saling membenci akan menjadi suatu persoalan yang tidak menyenangkan, bukan? Relasi menjadi minim, kawan tiada, atau bahkan terbentuknya paradigma yang tidak semestinya akan menjadi hal yang tidak baik dan justru rugi bagi diri sendiri. Meskipun memulai adalah suatu hal yang sulit bahkan bikin gengsi, yuk coba dulu. Karena komunikasi akan membuat semua menjadi tidak salah arti.