KOMUNIKASIKAN, SEMUA MASALAH SELESAI

Komunikasi dapat membantu menyelesaikan semua masalah yang terjadi dikalangan masyarakat.

KOMUNIKASIKAN, SEMUA MASALAH SELESAI

KOMUNIKASIKAN, SEMUA MASALAH SELESAI

 

Komunikasi dapat membantu menyelesaikan semua masalah yang terjadi dikalangan masyarakat. Komunikasi adalah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Sebagai mahluk sosial, manusia pasti mengalami berbagai permasalahan dalam kehidupannya. Seseorang yang mengatakan hidupnya tidak pernah terkena masalah, itu tidak mungkin.  Setiap manusia, tentu mengalami masalah yang berbeda-beda dan dengan tingkatan masalah yang berbeda-beda pula.

 

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Secara sederhana komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh sebab itu, komunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu dengan yang lainnya. Berkomunikasi adalah sebuah kegiatan yang dapat memanimalisir atau bahkan menyelesaikan sebuah masalah yang terjadi kalangan masyarakat.

 

Faktor Penyebab Timbulnya Masalah

Masalah didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diharapkan (Wikipedia). Menurut ahli, konflik terjadi karena adanya interaksi komunikasi. Jika kita ingin mengetahui konflik apa yang sedang terjadi, maka kita harus memiliki kemampuan yang tepat dalam berkomunikasi.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya masalah yaitu:

  • Perbedaan pemikiran masing-masing individu. Dalam menjalani sebuah kegiatan , tiap orang memiliki pemikiran maupun pendapat yang terkadang berbeda dengan orang lain. Pikiran yang tidak sejalan tersebut bisa menimbulkan konflik.
  • Perbedaan latar belakang kebudayaan. Orang yang berasal dari budaya berbeda sering mengalami kesulitan ketika harus berinteraksi dengan orang dari budaya lain karena adanya kepribadian yang berbeda.
  • Perbedaan kepentingan antar kelompok atau individu. Tiap-tiap individu atau kelompok memiliki kepentingan tersendiri. Ketika orang memiliki kepentingan untuk tujuan yang berbeda, mereka dapat berselisih paham.

 

Tidak satupun dari masyarakat yang tak pernah mengalami sebuah masalah. Sebuah masalah akan selalu ada selama manusia hidup, karena setiap manusia adalah mahluk sosial dengan keberagaman suku, ras maupun agama. Dikarenakan oleh itu, setiap manusia pasti memiliki kepribadian, pemikiran dan kepentingan yang berbeda-beda yang dapat memicu timbulnya sebuah masalah.

 

Bagaimana Berkomunikasi Dapat Menyelesaikan Masalah?

Setiap masalah yang terjadi, haruslah diselesaikan dengan berbagai solusi yang ada, untuk sampai pada tahap menyelesaikan sebuah masalah pastinya harus dilakukan sebuah komunikasi. Seseorang yang tidak bisa memecahkan sebuah masalah pasti tidak melakukan komunikasi dengan baik. Sebuah masalah harus segera diselesaikan untuk memanimalisir akibat yang akan terjadi dikemudian hari.

Contoh kecil yang sering terjadi, yaitu masalah dalam sebuah hubungan percintaan seseorang. ketika seorang pasangan yang sudah menjalin hubungan selama bertahun-tahun, pasti akan mengalami kejenuhan, tetapi banyak dari pasangan tersebut tidak mengkomunikasikannya kepada pasangannya. Kurangnya komunikasi dapat menyebabkan kerenggangan Pasangan harus memiliki rasa kepercayaan yang kuat, agar hubungan tersebut berjalan dengan baik. Rusaknya kepercayaan disebabkan karena kesalahpahaman, kesalahpamahan disebabkan karena kurangnya komunikasi diantara pasangan tersebut. Contohnya jika pasangan tersebut ingin melanjutkan hubungan mereka ke tingkat yang lebih serius, yaitu pernikahan. Mereka harus melakukan komunikasi, untuk mengetahui pendapat atau pemikiran masing-masing, apakah perasaan mereka masih sama seperti dulu, atau memang sudah tidak ada lagi rasa diantara mereka. Jika memang salah satu dari pasangan tersebut memang tidak ada rasa lagi, maka mereka tidak bisa melakukan pernikahan. Mereka harus berterus terang tentang apa yang mereka rasakan antara satu sama lain, meskipun mereka harus merelakan sebuah hubungan yang sudah dijalin cukup lama. Ini lebih baik untuk segera mengakhiri hubungan tersebut , daripada pasangan itu menikah, namun tidak lama setelah menikah mereka bercerai dan meninggalkan banyak luka diantara mereka berdua.

Ini adalah salah satu contoh kecil dari ketidakberkomunikasian yang baik. Karena kurangnya komunikasi, menyebabkan kerenggangan dalam hubungan mereka. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Dengan adanya komunikasi, ketidaksamaan pendapat atau kesalahpahaman yang terjadi di masyarakat bisa diselesaikan dengan baik.

Maka dari itu  berkomunikasi sangat penting, karena dapat menyatukan perbedaan pemikiran masing-masing individu, perbedaan suku, agama, pendapat dan hal-hal kecil yang lain yang kerap terjadi dikalangan masyarakat.