Existing

Waktu itu sangat terbatas, setiap insan terbatasi oleh waktu. Orang hidup dipastikan berdampingan dan bersaing dengan dinamika waktu, tempat, dan keadaan. untuk menjaga diri agar selalu eksit maka kita harus dapat membaca keadaan sekitar.

Existing

Waktu itu sangat terbatas, setiap insan terikat oleh waktu. Tidak mudah mengendalikan waktu agar seseorang dalam kondisi ada. Banyak yang menginginkan kesuksesan hidup namun yang dilakukan hanyalah berdiam diri menunggu alasan yang tepat dan menunggu keajaiban. menggunakan waktu setiap jengkal untuk berkarya adalah cara mudah untuk mengumpulkan enerji kesuksesan. Terlena dengan kenyamanan adalah berarti hidupnya ternina bobokan oleh waktu, dalam hidupnya diatur oleh waktu. Adapun orang yang selalu berkarya di setiap jengkal waktu adalah pribadi yang mampu mengendalikan dan menjaga dinamika waktu.

Hidup dipastikan berdampingan dan bersaing dengan dinamika waktu, tempat, dan keadaan.  Menjaga diri agar selalu eksist dalam komunitas membutuhkan kecerdasan dan strategi efektif. Menjadi kelompok orang kebanyakan memang mudah dan tidak sedikit temannya. Hidup adalah kompetisi dan persaingan untuk mempertahankan diri agar selalu eksis. Dalam kehidupan sehari-hari saja kita selalu dihadapkan pada persaingan, contohnya pada saat kita mencarikan sekolah anak berarti kita melakukan persaingan dengan saudara atau teman agar dapat diterima di sekolah tersebut.  Jangankan manusia yang telah hidup dan memiliki harapan, sel calon manusia saja dalam proses pembuahan terjadi persaingan antar sel. Jadi sifat hidup bersaing itu sudah menjadi bawaan manusia yang dianugerahkan oleh Allah agar manusia bertarung, bersaing untuk hidup.

Melakukan persaingan atau kompetisi dalam kehidupan hendaklah tidak melakukan cara saling mematikan. Seharusnya, dalam melakukan kompetisi kita saling membantu umtuk mencapai tujuan kesejahteraan bersama. Seandainya hidup ini harus terjadi persaingan maka jadikan persaingan untuk saling melakukan kebaikan berupa karya yang bermanfaat. Bersaing melakukan kebaikan adalah anjuran agama sesuai Al Qur'an Surat Al Baqarah 148, "Maka berloma-lombalah dalam membuat kebaikan". Dalam menciptakan kehidupan yang indah hendaklah kita dapat membaca membaca sekitar. Life is not competing but co existing or even co creation, that's make our life is beautiful.