Komunikasi Menyelesaikan Masalah Bisnis?

Manusia memang tidak bisa lepas dari Komunikasi dan seiring berjalannya waktu permasalahan manusia semakin Kompleks sehingga tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan metode komunikasi yang sama.

Komunikasi Menyelesaikan Masalah Bisnis?

 

KOMUNIKASI MENYELESAIKAN MASALAH BISNIS?

 

Komunikasi merupakan hal yang selalu kita lakukan di kehidupan sehari-hari mulai dari bangun tidur sampai kita kembali tidur. Komunikasi sendiri berarti sebuah penyampaian sebuah makna dari satu manusia ke manusia yang lain atau dari kelompok satu dengan kelompok lain komunikasi bisa berupa ide,pesan, atau sebuah gagasan yang disampaikan secara langsung maupun secara tidak langsung. Komunikasi secara langsung dapat kita lakukan secara tatap muka, selain lebih efektif komunikasi secara langsung dapat membuat lawan bicara kita mudah untuk memahami maksud dari apa yang ingin kita sampaikan. Apabila komunikasi secara tidak langsung terkadang membuat orang masih kurang paham dengan apa yang kita maksud karena kita tidak bertatap muka secara langsung, komunikasi secara tidak langsung dapat dilakukan melalui berbagai media seperti pesan elektronik, sosial media, radio, maupun surat. Seiring berkembangnya Zaman Permasalahan yang dihadapi oleh setiap orang semakin kompleks dan salah satu penyebab munculnya masalah tersebut adalah tidak terjalinnya komunikasi yang tepat sehingga individu merasa kesulitan dalam memecahkan masalahnya. oleh karena itu, komunikasi juga harus diterapkan di berbagai bidang tertentu seperti dalam dunia bisnis, kita tidak mungkin berkomunikasi layaknya seorang guru atau dosen dalam berbisnis karena tujuan bisnis adalah untuk menarik minat masyarakat membeli atau mengkonsumsi produk kita sehingga perlu adanya komunikasi yang khusus dalam dunia bisnis untuk menarik minat masyarakat. 

Mengapa Komunikasi penting dalam Bisnis?

Dalam menjalankan sebuah bisnis tidak mungkin kita hanya berdiam diri dan menunggu konsumen untuk membeli produk yang kita tawarkan. oleh karena itu, kita harus melakukan segala cara yang dapat membuat minat masyarakat meningkat dan berkeinginan untuk membeli produk kita. Banyak pelaku bisnis tidak menyadari betapa pentingnya Komunikasi Bisnis dengan mengimplementasikan Komunikasi Bisnis kita sebagai pelaku usaha akan mendapat tidak hanya keuntungan akan tetapi juga kerja sama dari pihak-pihak luar yang memiliki visi dan misi yang sama dengan pengusaha tersebut sehingga Bisnis dapat berkembang dan lebih maju.

Manfaat Apa yang didapat apabila Kita menerapkan Komunikasi Bisnis

Kira-Kira apa aja sih yang bakal kita dapat sebagai sebagai pelaku bisnis apabila bisa menguasai Ilmu komunikasi Bisnis?. Tentunya banyak sekali yang dapat kita dapat apabila kita menguasai Ilmu Komunikasi Bisnis seperti:

  1. KARYAWAN MENJADI LEBIH AKTIF

Dengan sering melakukan Komunikasi dengan Karyawan maka karyawan akan lebih produktif dalam menjalankan tugasnya serta Membantu karyawan untuk menjadi lebih kreatif dalam berkontribusi dalam bisnis kita. selain membuat karyawan lebih aktif, Komunikasi juga dapat membantu karyawan dalam inovasi-inovasinya sehingga muncul produk-produk baru atau strategi pemasaran yang pas dalam pengembangan Bisnis, karena kebanyakan suatu badan usaha tidak dapat berkembang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya tidak adanya kebebasan dalam berkomunikasi antara karyawan dengan boss sehingga karyawan merasa tidak mengalami perkembangan secara personal di perusahaan tersebut.

  1. MENDAPAT RELASI YANG LUAS ANTAR PENGUSAHA

Tentu saja dengan aktif dalam berkomunikasi dengan Pengusaha lainnya akan menambah wawasan kita. dengan bertambahnya wawasan kita akan mengetahui tentang pengalaman pribadi pengusaha lain kita dapat memetik sebuah hikmah atau strategi yang dapat kita implementasikan kedalam usaha kita agar lebih berkembang. selain itu, dengan memperluas relasi kita berpeluang mendapatkan berbagai macam bantuan mulai dari materi sampai non materi seperti meningkatkan kredibilitas perusahaan.

  1. MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN

Hal Yang terpenting dalam berbisnis adalah mendapatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan. dengan melakukan komunikasi yang ramah dan profesional, pelanggan akan merasa dihargai dan dilayani dengan sepenuh hati. Apabila kita telah mendapat kepercayaan pelanggan, maka secara tidak langsung kita telah memasarkan produk kita  karena produk kita sudah dipercaya dan akan direkomendasikan kepada orang-orang terdekatnya.

BAGAIMANA CARA KITA MELAKUKAN KOMUNIKASI BISNIS?

Yang terakhir adalah bagaimana kita mengimplementasikan Komunikasi Bisnis ke dalam usaha kita supaya ketiga manfaat diatas bisa kita dapatkan?. Setidaknya ada 3 hal dasar yang harus kita siapkan:

  1. Selalu Membawa Aura positif di dalam internal Perusahaan atau badan usaha yang kita jalani.

Mengapa menjadi seorang Pengusaha itu harus membawa Aura Positif? karena Pekerjaan yang kita lakukan atau karyawan lakukan akan lebih menyenangkan dan membawa semangat yang lebih kepada para karyawan kita. meningkatkan semangat bisa dilakukan dalam berbagai cara seperti Kita mengumpulkan seluruh karyawan kita sebelum memulai pekerjaan dan memberikan motivasi yang dapat membangun semangat para karyawan dan kita sendiri. Kemudian jangan lupa untuk memberikan apresiasi pada diri anda dan karyawan anda karena dengan memberi apresiasi karyawan akan merasa lebih dihargai yang kemudian akan berusaha lebih baik lagi dalam mengerjakan tugasnya. bentuk apresiasi bermacam-macam bisa dalam bentuk materi seperti uang bonus, hadiah akan tetapi apresiasi yang paling mudah adalah mengucapkan “Terima Kasih”.

  1. Lakukan Research Pasar dan Siapkan hal apa saja yang dibutuhkan sebelum berkomunikasi dengan pihak Eksternal Perusahaan

Dengan melakukan Market Research kita akan menguasai berbagai macam materi tentang bisnis secara teori maupun praktis karena dengan menguasai Pengetahuan tentang bisnis maka akan menjadi mudah untuk berkomunikasi tentang bisnis dengan pihak luar. Pihak luar bisa dalam bentuk siapapun mulai dari konsumen, Partner, dan lain sebagainya. dengan melakukan Research kita juga dapat meyakinkan pihak-pihak yang kita ajak untuk berkomunikasi bahwa kita memang berpengetahuan tentang bisnis. Research dasar yang dapat dilakukan adalah melakukan Penelitian terkait SWOT yakni Strength ,Weakness,Opportunity,Threat karena hal tersebut merupakan salah satu cara yang umum dilakukan oleh para pengusaha dalam melakukan pemetaan masalah dalam hal pemasaran.

  1. Gunakan Bahasa yang Persuasif dalam melakukan pemasaran

yang terakhir adalah tentang bagaimana kita berkomunikasi dengan bahasa yang persuasif. kebanyakan pengusaha menjual usahanya hanya memberikan informasi terkait produk atau jasanya saja. padahal yang tidak kalah penting adalah bagaimana kita mengajak masyarakat untuk membeli atau menggunakan produk kita. kunci utama dalam pemasaran adalah bukan bagaimana masyarakat menginginkan produk kita akan tetapi apakah masyarakat membutuhkan produk kita, karena apabila hanya ingin maka belum tentu masyarakat mau membelinya berbeda apabila masyarakat merasa membutuhkan jika masyarakat sudah merasa butuh maka masyarakat akan berusaha mendapatkan produk kita karena masyarakat merasa bahwa produk kita merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. oleh karena itu, Menggunakan Bahasa yang persuasif kepada pelanggan dalam berkomunikasi adalah hal yang penting untuk meningkatkan kualitas Perusahaan atau badan usaha kita.

Pada kesimpulannya komunikasi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan problematika manusia semakin kompleks dan perlu keahlian dalam berkomunikasi. salah satu bidang yang harus dikomunikasikan dengan baik adalah bisnis karena tanpa adanya komunikasi yang baik antara kita sebagai pelaku usaha dan Konsumen maka bisnis kita tidak akan berkembang.