Solusi Mendekatkan Hati dengan Komunikasi

Komunikasi yang baik ibarat rantai perekat dalam suatu hubungan antar manusia. Komunikasi yang baik terjalin karena hati antara dua orang terpaut dan dekat untuk saling mendengarkan dan menjalin komunikasi yang efektif. Maka dapat dikatakan bahwa peran kedekatan hati sangat penting. Jika dua insan menjalin konflik atau masalah, maka hati mereka sedang menjauh, sehingga sulit untuk menjadi pendengar yang bijak. Sedangkan bagi yang hatinya dekat, dengan ucapan halus, bahkan isyarat tubuh pun sudah bisa diterima dengan jelas maksud yang ingin disampaikan.

Solusi Mendekatkan Hati dengan Komunikasi
sumber : https://pixabay.com/

  Haruskah hati menciptakan jarak? Yang membuat hati dua insan saling menjauh karena konflik yang disebabkan oleh munculnya ketidakselarasan?  Sehingga mengapa ketika seseorang dalam keadaan marah, ia berbicara kuat-kuat atau berteriak, padahal jarak antara mereka sangat dekat?

                Jawabannya tak lebih karena ketika dua orang sedang berada dalam situasi penuh dengan kemarahan, maka jarak antara keduan hati mereka amat jauh walau secara fisik dekat. Karena itu, untuk mencapai jarak yang sedemikian jauh, mereka harus berteriak. Namun anehnya, semakin keras mereka berteriak, semakin menjadi-jadi pula kemarahan mereka dan jarak hati diantara keduanya pun semakin jauh. Karena itu, mereka terpaksa berteriak lebih keras lagi.

--------

                Setiap hari bahkan setiap saat orang-orang melakukan hubungan komunikasi. Tanpa berkomunikasi dengan orang lain maka kehidupan manusia sebagai makhluk sosial menjadi tidak bermakna. Komunikasi inilah yang menyebabkan kehidupan manusia dapat berkembang dan berkelanjutan. Manusia di dalam kehidupannya harus berkomunikasi, artinya memerlukan orang lain dan membutuhkan kelompok atau masyarakat untuk saling berinteraksi. Hal ini merupakan suatu hakekat bahwa sebagian besar pribadi manusia terbentuk dari hasil integrasi sosial dengan sesamanya. Dalam kehidupannya manusia sering dipertemukan satu sama lainnya dalam suatu wadah baik formal maupun informal. Dalam prakteknya komunikasi bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Tidak sedikit orang mengalami kesulitan dalam melakukan hubungan komunikasi. Bahkan perusahaan bisnis menjadi macet atau terhambat akibat para pengelolanya tidak memanfaatkan komunikasi sebagai bagian dari pada produksi. Seperti yang kita ketahui bahwa komunikasi merupakan faktor penting dalam kehidupan, karena tanpa adanya komunikasi kegiatan manusia tidak akan berjalan dengan baik. Artinya melalui komunikasi diharapkan dapat membawa hasil pertukaran informasi dan saling pengertian di antara orangtorang yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Terhambatnya komunikasi dialami oleh banyak orang dalam berbagai profesi. Bahkan tidak sedikit orang yang kurang menghargai pentingnya peranan komunikasi dalam kehidupannya. Sebaliknya orang-orang yang pandai memanfaatkan komunikasi kehidupannya cenderung berkembang pesat, baik dalam berusaha maupun dalam berorganisasi sosial.

Manusia juga sebagai makhluk sosial tidak dapat melepaskan diri dari jalinan relasi sosial, dimana manusia selalu akan mengadakan kontak sosial yaitu selalu berhubungan dengan orang lain. Bahkan sebahagian besar dari waktu kita gunakan untuk berkomunikasi. Mengingat kuantitas berkomunikasi yang dilakukan dan jika dibandingkan dengan kegiatan lainnya, maka dapat dikatakan bahwa komunikasi merupakan salah satu hal yang penting bagi manusia. Tidak ada suatu yang lebih penting bagi sebagian besar orang selain berinteraksi dengan orang lain. Begitu pentingnya interaksi ini sehingga apabila tidak dilakukan dalam jangka waktu lama, akan menimbulkan depresi, kurang percaya diri dan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar bagi kehidupan sehari-hari. Beberapa alasan umum tentang mengapa seseorang menjalin hubungan yaitu: mengurangi kesepian yang muncul ketika kebutuhan interaksi akrab tidak terpenuhi, menguatkan dorongan karena semua manusia membutuhkan dorongan semangat dan salah satu cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan interaksi antar manusia, memperoleh pengetahuan tentang diri sendiri karena melalui interaksi seseorang akan melihat dirinya seperti orang lain melihatnya, memaksimalkan kesenangan dan meminimalkan rasa sakit dengan cara melalui berbagi rasa dengan orang lain. Hubungan tersebut dapat dilihat pada hubungan individu dengan keluarga, bermasyarakat, tetangga, yang didasari dengan adanya komunikasi.

Komunikasi yang baik ibarat rantai perekat dalam suatu hubungan antar manusia. Komunikasi yang baik terjalin karena hati antara dua orang terpaut dan dekat untuk saling mendengarkan dan menjalin komunikasi yang efektif. Maka dapat dikatakan bahwa peran kedekatan hati sangat penting. Jika dua insan menjalin konflik atau masalah, maka hati mereka sedang menjauh, sehingga sulit untuk menjadi pendengar yang bijak. Sedangkan bagi yang hatinya dekat, dengan ucapan halus, bahkan isyarat tubuh pun sudah bisa diterima dengan jelas maksud yang ingin disampaikan.

Untuk itu teruslah menjalin komunikasi dengan baik dan efektif. agar tercipta keharmonisan sosial karena tercapainya makna interaksi yang baik. jika komunikasi itu dijalankan dengan sepenuh harapan kebaikan, maka hati antara dua insan atau lebih akan saling terpaut dan dekat, sehingga jika terjadi kerukunan antar sesama, kehidupan yang mengedepankan cita-cita perdamaian akan tercipta dengan sendirinya. 

Mendekatkan hati, antar manusia sosial yang sangat berarti , agar ke-bhinekaan tidak mati, dengan komunikasi yang baik tiada henti.