Serial Tom Clancy's : Jack Ryan

Serial Tom Clancy's : Jack Ryan

Selama ini sering liat iklan dari penayangan serial tv Tom Clancy's Jack Ryan yang diperankan oleh John Krasinski. Jujur yang bikin kepo awalnya memang karena John Krasinski-nya, karena emang suka sejak nonton dia di film 13 Hours : Secret Soldier of Benghazi dan Quite Place, sampe akhirnya diseriusin nyari serial Jack Ryan itu di platform tv berbayar.

Entah kenapa memang image dari John Krasinski di film 13 Hours : Secret Soldier of Benghazi berasa masih lengket..namanya kebetulan kok ya sama-sama Jack, bedanya di 13 Hours : Secret Soldier of Benghazi, John Krasinski jadi Jack Silva, kalau di serial Jack Ryan, ya John Krasinskinya jadi Jack Ryan, ya judulnya aja Jack Ryan. 

Dan memang filmnya tipikalnya mirip, ada peran serta CIA nya Amerika, kejadiannya di salah satu negara di Timur Tengah, dan ada bawa-bawa agama Islam juga.

Apa alasan sebenarnya kenapa John Krasinski berperan di genre film yang berjenis begitu sih, aku gak tau ya..tapi yang jelas cara filmnya menyudutkan salah satu pihak di film ini sejujurnya bikin gak ikhlas..jadi agak gak ikhlas juga sebenernya kalo John Krasinski secara individu juga menyetujui narasi yang ada di dua cerita itu.. di film 13 Hours : Secret Soldier of Benghazi ataupun serial Jack Ryan..karena sebenarnya aku suka John Krasinski karena kan dia cakep..Hahaha.. Dia suaminya Emily Blunt yang juga aku suka karena peran Emily Blunt di film favorit aku yang gak akan ngebosenin untuk ditonton berulang kali, The Devil Wears Prada..

Inti dari dua cerita di film dan serial itu sama-sama gak membuat dunia bertambah harmonis (setidaknya menurutku), karena ada salah satu pihak yang merasa paling benar dari pihak yang satunya..padahal belum tentu begitu kenyataannya.

Memang menurut aku pribadi. ini cerita yang sarat dengan urusan politik, ideologi, dan agama, yang belakangan ini (atau mungkin sejak dulu) menjadi topik yang sensitif di dunia, tapi tidak pernah seviral, semengganggu dunia seperti saat ini dikarenakan adanya media sosial. 

Intinya ini kayak cerita Amerika yang selalu harus jadi yang paling benar apabila dibandingkan dengan para warga negara yang di Timur Tengah, yang entah kenapa selalu dibingkai menjadi pihak yang paling salah dengan keyakinan fanatiknya terhadap agama dan kepercayaannya. 

Mesti tetep berpikir kritis waktu nonton ini. Jangan terima begitu saja cerita yang dituangkan di tontonan apapun itu, apalagi kalau sudah menyangkut hal sensitif.

Setidaknya itu sih menurut aku isi serial Jack Ryan Season 1. Buat yang suka jenis film ini, seru sih dari episode ke episode.