Semua masalah dapat diselesaikan dengan komunikasi

Semua masalah dapat diselesaikan dengan komunikasi

Semua masalah dapat diselesaikan dengan komunikasi

             Manusia adalah makhluk sosial yang pastinya membutuhkan orang lain untuk hidup, begitu juga dalam menyelesaikan suatu masalah. Orang yang stres biasanya cenderung menyimpan masalahnya sendiri, tidak percaya pada siapapun. Padahal setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, dimulai dari komunikasi. Biasakan mengkomunikasikan masalah yang anda miliki kepada siapapun yang menurut anda dapat dipercaya dan dapat memberikan solusi yang efektif. Bisa dengan keluarga, sahabat, guru, psikolog dll. Komunikasi bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Banyak orang mengalami kesulitan dalam melakukan komunikasi. Bahkan ada juga orang yang kurang menghargai pentingnya peranan komunikasi dalam kehidupannya. Seringkali suatu hubungan mengalami konflik dan mulai mengalami kemunduran yang disebabkan adanya kesalahpahaman ketika berkomunikasi.

            Semakin hari teknologi semakin canggih. Komunikasi pun dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Pada saat ini, masyarakat sudah tidak asing dengan kata internet dan smartphone. Untuk melakukan komunikasi tidak lagi harus dengan cara bertemu, tetapi komunikasi dapat dilakukan dimana pundan kapanpun tanpa mengenal jarak dan waktu. Perkembangan teknologi yang terus berkembang pun memberikan dampak yang baik untuk melakukan komunikasi. Seperti pada awalnya komunikasi hanya dapat dilakukan dengan cara bertemu, berkembang menjadi dapat dilakukan melalui telepon, berkembang menjadi dapat dilakukan dengan mengirimkan pesan seperti sms, hingga saat ini komunikasi dapat dilakukan dengan video call yang dimana kita dapat melihat wajah serta keadaan orang lain yang mana tidak memperhatikan dekat ataupun jauhnya jarak. Selain hal tersbeut, masih banyak lagi perkembangan cara untuk melakukan komunikasi. Pada zaman ini, hal hal tersebut dapat dilakukan mealui internet dan smartphone. Yang dibutuhkan untuk melakuknnya hanyalah koneksi internet yang baik.

Namun, tidak semua orang dapat melakukan komunikasi dengan baik. Tidak sedikit orang / kelompok yang memiliki masalah dalam melakukan komunikasi. Sehingga hal tersebut pun menjadi penghalang suatu individu/kelompok untuk melakukan komunikasi hingga menimbulkan masalah. Masalah ini pun dirasakan oleh berbagai profesi. Orang-orang yang mengalami masalah ini cenderung tidak dapat berkembang dalam suatu organisasi maupun dalam melakukan usaha. Selain itu, orang yang mengalami tidak dapat melakukan komunikasi dengan baik pun mengakibatkan munculnya depresi, tidak percara diri, kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari serta dapat memunculkan konflik dengan orang lain.

Contoh nyata dalam suatu hubungan, seorang wanita dan seorang pria berpacaran selama 6 bulan namun ada kekurangan dalam berkomunikasi satu sama lain. Si wanita berpikir bahwa si pria sedang sibuk dengan pekerjaannya begitupun juga dengan sebaliknya. Seminggu dua kali mereka saling berkirim kabar, akan tetapi itu cuma sebentar dan sering menimbulkan konflik. Kesalahpahaman terjadi ketika si wanita tidak jujur dengan perasaannya. Apa yang di inginkan si wanita tidak tersampaikan kepada si pria. Sedangkan si pria tidak terbuka dengan masalah yang sedang dia hadapi. Dia hanya menuntut si wanita utuk lebih mengerti atau lebih peka. Jika hal ini terus berlanjut, hubungan mereka akan berakhir dan masalah atau konflik tidak akan terselesaikan. Salah satu dari mereka harus ada yang memulai komunikasi atau percakapan untuk memberikan suatu penjelasan. Disarankan dalam menyelesaikan konflik, diperlukan komunikasi yang efektif antara kedua belah pihak. Sikap saling terbuka dan jujur satu sama lain juga membantu dalam menyelesaikan konflik atau masalah. Semoga artikel ini dapat membantu penulis dan pembaca dalam memahami pentingnya komunikasi.

Melalui contoh permasalahan diatas dapat diketahui pentingnya komunikasi dalam melakukan sesuatu. Apabila tidak dapat melakukan komunikasi dengan baik, masalah baru pun akan muncul. Namun, segala masalah yang ada pun dapat terselesaikan dengan melakukan komunikasi dengan baik. Penyelesaian masalah dengan melakukan komunikasi pun dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya ialah dengan melakukan negosiasi, melakukan perundingan masalah diantara pihak yang bermasalah serta melibatkan pihak ketiga untuk menjadi penegah sekaligus sarana penyapaian informasi.