SEMUA MASALAH DAPAT DISELESAIKAN DENGAN KOMUNIKASI

SEMUA MASALAH DAPAT DISELESAIKAN DENGAN KOMUNIKASI

SEMUA MASALAH DAPAT DISELESAIKAN DENGAN KOMUNIKASI

Semua Masalah Dapat Diselesaikan Dengan Komunikasi

bola.comDescription: 30 Kata-kata Bijak tentang Menghargai, Memahami Perbedaan Pandangan - Ragam  Bola.com

 

Semua orang didunia pasti pernah mendapatkan masalah. Sebagai manusia memang sepatutnya kita bersosial, tetapi untuk masuk kedalam sosialisasi itu pasti ada masalah-masalah yang akan kita lewati. Baik itu masalah yang terjadi karena diri sendiri maupun karena orang lain. Masalah itu sendiri biasanya timbul akibat dari perbedaan pendapat dan kesalahan dalam pemahaman pendapat tersebut. Manusia memang terlalu memikirkan egonya masing-masing, tetapi dengan adanya komunikasi bisa menjadi jalan tengah dalam menyelesaikan masalah. Hampir semua masalah diselesaikan dengan komunikasi, mulai dari masalah pertemanan, keluarga, lingkungan, bahkan masalah politik juga diselesaikan dengan mengutarakan pendapat yang termasuk bagian dari komunikasi.

Menyelesaikan masalah dengan komunikasi adalah hal yang paling positif, apalagi kita tinggal di Indonesia yang biasanya jika ada masalah akan “senggol bacok”. Ya memang sangat mengerikan jika menyelesaikan masalah seperti itu. Tetapi komunikasi sangat membantu dalam menyelesaikan masalah. Jika kita punya masalah hal yang pertama kita lakukan adalah menenangkan pikiran, jiwa, dan raga. Setelah itu baru turunkan ego dan merenungkan masalah tersebut. Jangan pernah takut atau malu untuk mengucapkan kata maaf dan terimakasih, karena dua kata tersebut merupakan kunci awal dalam menyelesaikan masalah. Setelah kita meminta maaf, ada baiknya kita merundingkan permasalahan tersebut dengan kerendahan hati. Jangan pernah berfikir untuk menang dalam suatu masalah karena jika kita berfikir seperti itu masalah tidak akan selesai melainkan akan timbul dendam. Setelah merundingkan dan mencari jalan tengah, sebaiknya kita juga sering berkomunikasi dengan orang tersebut agar tidak terlalu larut dalam masalah.

Ingat jika kita punya masalah sebaiknya diselesaikan dengan komunikasi. Jika kita tidak ada masalah maka pikiran kita akan tenang dan menjalani hidup dengan baik. Ingat, Tuhan memberikan masalah sesuai dengan kemampuan kita, jangan pernah menyerah. Selain itu, Tuhan saja mengampuni umatnya yang sering berbuat dosa apalagi kita sesama manusia seharusnya mengasihi dan mengampuni orang yang sedang bermasalah bersama kita. Tetap semangat.