SEMUA MASALAH BISA DI SELESAIKAN DENGAN KOMUNIKASI YANG BAIK

SEMUA MASALAH BISA DI SELESAIKAN DENGAN KOMUNIKASI YANG BAIK

Manusia adalah makhluk sosial yang pastinya membutuhkan orang lain, begitu juga dalam menyelesaikan suatu masalah. Orang yang stress biasanya cenderung menyimpan masalahnya sendiri, tidak percaya pada siapapun. Padahal setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, dimulai dari komunikasi. Biasakan mengkomunikasikan masalah yang sedang anda hadapi kepada siapapun yang menurut anda dapat dipercaya dan dapat memberikan solusi yang efektif. Bisa dengan kerabat, keluarga, atau bahkan sahabat.

Setiap makhluk hidup pasti memiliki yang namanya masalah. Tidak mungkin jika ada yang mengatakan bahwa hidupnya mulus - mulus saja tanpa adanya masalah. Tetapi tingkatan masalah setiap orang berbeda - beda, ada yang memiliki masalah ringan, sedang, bahkan berat. Orang yang tidak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri cenderung akan stress bahkan bisa menyelesaikan hidupnya dengan cara yang tidak wajar.

Saat kita memiliki konflik dengan seseorang, itu karena adanya interaksi yang muncul atas perbedaan pendapat, pengetahuan, dan lain sebagainya. Masyarakat menganggap bahwa konflik yang sering terjadi adalah hal yang lumrah dalam interaksi sosial, karena tidak ada seorang pun yang tidak pernah mengalami konflik. Hal ini dapat diatasi dengan kemauan dari individu itu sendiri.

Perbedaan dari masing - masing individu yang menjunjung pendirian dan perasaanjya sendiri yang terkadang bergesekan dengan orang lain. Pikiran yang tidak selaras terkadang yang membuat adanya konflik itu terjadi.

Tiap individu atau kelompok memiliki kepentingan sendiri. Ketika orang ini memiliki kepentingan tersendiri, dan orang ini melakukan hal tersebut untuk tujuan yang berbeda hal ini akan menjadi perdebatan. 

Ketika konflik sudah terjadi baik itu antar individu maupun kelompok, maka harus dilakukan cara untuk menyelesaikannya yaitu adanya kesadaran dari kedua belah pihak. Jika hanya satu pihak saja yang ingin menyelesaikan konflik tersebut, biasanya komunikasi hanya menjadi searah dan tidak efektif. Pastikan kedua belah pihak fokus pada masalah, bukan menjadi ajang saling adu menyerang.

Semua pihak harus menerima solusi yang disepakati oleh bersama. Jika ada salah satu pihak saja yang tidak mengikuti kesepakatan itu, makan konflik lainnya akan muncul kembali.

Berkomunikasilah seperti semula tanpa adanya perubahan setelah konflik terjadi. Jangan menyimpan dendam pada orang lain ketika konflik sudah selesai. Jadikan konflik yang sudah terjadi sebagai salah satu cara untuk mempererat hubungan di kemudian hari.

Hindari pula untuk menceritakan masalah anda di sosial media, karena hal itu tidak akan membantu anda. Mungkin anda berfikir bahwa jika anda mencurahkan isi hati anda di sosial media, maka akan ada banyak orang yang peduli pada anda, namun pada kenyataannya kebanyakan orang yang mengetahui masalah anda di sosial media malah menghujat tanpa memberi solusi yang bisa membuat anda semakin stress.

Maka dari itu, mulai sekarang jangan ragu untuk mengkomunikasikan masalah anda dengan orang terdekat anda. Dan jika sedang ada konflik, langsung cari solusi. Jangan dipendam karena itu bisa membahayakan diri kalian sendiri.