SEMUA ADA ILMUNYA

Hal-hal sederhana ini akan mengubah hidup Anda. Percayalah! Karena hal-hal sederhana ini sudah mengubah dunia.

SEMUA ADA ILMUNYA

 

Barang berserakan di mana-mana, kamar awut-awutan, ruang tamu, dapur juga kamar anak-anak semuanya berantakan. Tiap ditata, dibersihin, dibetulin, ambyar lagi. Kejadiannya selalu berulang dan seperti ada yang salah dari cara kerja kami menata perabotan di rumah.

Hanya itu? Tidak. Banyak kejadian-kejadian kecil dan hal-hal remeh berdampak besar; cekcok, berantem, saling menyalahkan atau cari kambing hitam. Mulai dari kunci kendaraan, dompet,  atau henpon yang ketlisut hampir tiap hari atau saat-saat emergensi harus dipakai. Juga benda tertentu, dokumen dan barang penting lain yang mendadak dibutuhkan nggak ketemu dicari. Sementara barang nggak dibutuhkan tiba-tiba nongol. Lagi-lagi seperti ada sesuatu, hingga masalah sehari-hari saja tak juga teratasi.

Ternyata benar. Sesederhana apapun, segala sesuatu butuh cara dan ilmu untuk mengatasinya. Kalo dalam tradisi orang jepang, seperti dikatakan Kang H Idea di salahsatu statusnya, menyebutnya S3; Seiri, Seiton dan Seisou.

Pertama,Seiri, yang berarti memilah barang yang diperlulkan dan yang tidak. Bagaimana dengan barang yang tidak diperlukan? Buang!

Ya, yang tidak diperlukan, buang. Ternyata benar. Rumah jadi berantakan karena ada banyak barang yang sebenarnya sudah tidak dipakai, tapi terus disimpan. Itu karena kami berpikir suatu saat akan membutuhkannya. Tapi setelah bertahun-tahun berlalu, barang itu tetap tidak terpakai. Jadi? Sebaiknya dibuang! Berikan ke orang lain. Dengan cara itu, persoalan rutin sedikit teratasi.

Kedua, Seiton: Menata barang yang diperlukan agar mudah terlihat, mudah ditemukan, mudah pula dijangkau dan tidak lagi ketlingsut.

Barang yang sering dipakai, tempatkan di tempat yang gampang dijangkau. Yang jarang dipakai, bisa ditempatkan agak jauh pun tak masalah. Terapkan FIFO pada barang yang dikonsumsi. First in, first out. Yang dibeli/didapat duluan, pakai duluan. Kembalikan barang yang selesai dipakai ke tempat semula dalam keadaan rapi.

Ketiga, Seisou: Membersihakan tempat penyimpanan juga semua sudut rumah secara kontinyu. Bersihkan, dan jaga agar selalu bersih.

Hal-hal sederhana ini akan mengubah hidup Anda. Percayalah! Karena hal-hal sederhana ini sudah mengubah dunia.

Ohya, masih ada yang keempat; Segera lakukan dan jangan menunda bertengkar dengan istri atau anak jadi korban kemarahan kalian.