Selayang Pandang Perseteruan Dominasi Blockchain Steem (Steemit dan Para Witness)

Selayang Pandang Perseteruan Dominasi Blockchain Steem (Steemit dan Para Witness)
Sumber gambar : Modifikasi twitter.com/realNedScott, twitter.com/justinsuntron dan pixabay.com

Prakata

Tulisan ini pernah ditayangkan di laman steem.leo.com atau steemit.com/@happyphoenix.

Steemit adalah media sosial atau blogging yang berbasiskan blockchain, dan para penulis, blogger atau pembuat konten bisa mendapatkan imbalan berupa koin Steem atau SBD (Cryptocurrency).

Pendahuluan

Pada Maret 2016, telah 'dilahirkan' sebuah sistem blockchain baru bernama Steemyang dibidani oleh dua penggagasnya yaitu: Ned Scottdan Dan Larimer. Duo penggagas ini juga mendirikan sebuah perusahaan yang bernama Steemit.Inc dengan produknya sebuah platform untuk ngeblog yaitu steemit.com. Sayangnya pada bulan Maret 2017 si Dan Larimer ini akhirnya undur diri dari Steemit.Inc yang berbasis pada blockchain Steem, karena terjadi perselisihan pendapat dengan rekannya itu, sehingga dia akhirnya mendirikan jaringan blockchain sendiri yang disebut dengan EOS

Setelah terjadinya perpisahan itu, Ned Scott pada pertengahan tahun 2017 mengumumkan sebuah gagasan baru yaitu Smart Media Token (SMT). Walau begitu sampai awal tahun 2020 gagasan ini belum terselesaikan juga, terlebih lagi pada bulan Februari 2020 kepemilikan Steemit.Inc telah beralih kepada Justin Sun (@justinsunsteemit), pendiri blockchain TRON

Babak drama baru dan paling heboh di Steemit dan Steem blokchain telah dimulai semenjak Justin Sun mengambil alih perusahaan yang dinahkodai Ned Scott (@ned), sebetulnya banyak hal yang terjadi di komunitas Steem tapi kejadian inilah yang menjadi buah bibir para steemian dari manca negara.

Sebelum masuk pada babak heboh drama Justin Sun di Steemit, perlu kiranya diketahui bahwa ada sebuah masalah yang sebenarnya sudah dibahas sejak tahun lalu antara Steemit.Inc dengan para Witness. Permasalahan itu adalah masalah premined atau bisa disebu juga sebagai Ninja Mined (penambangan koin Steem oleh 'orang dalam' secara besar-besaran sebelum diluncurkan kepada publik), dalam hal ini Ned Scott cs telah melakukan penambangan koin Steem secara besar-besaran sebelum diluncurkannya Steemit.Inc.

Masalah premined ini sudah dibahas secara terbuka oleh para Witness pada tahun 2019, salah satunya adalah @jesta dalam artikelnya berjudul The recent controversy between Steemit Inc and the community - the premine, control, and where it leads this blockchain, yang mempertanyakan mengenai kelanjutan penyelesaian premined yang dilakukan oleh Steemit.Inc, mengingat Jumlah yang cukup besar sekitar 29 juta, tapi diduga sebenarnya lebih besar dari itu. Hal ini dapat dibandingkan dengan pernyataan dari Justin Sun yang mengatakan bahwa dia telah membeli sebanyak 70 juta Steem.

Pernyataan dari Justin Sun yang diambil dari steemd.com

Sebenarnya dahulu, sudah ada kesepakatan tidak tertulis antara Steemit.Inc dengan para Witness yaitu, koin Steem, baik yang berupa Steem Power ataupun likuiditas itu tidak digunakan untuk melakukan kegiatan memilih salah satu atau lebih para Witnes, akan tetapi digunakan untuk kepentingan pengembangan blokchain Steem. Salah satunya contoh yaitu: memberikan sejumlah kecil Steem dan atau melakukan pendelegasian sementara Steem Power oleh Steemit.Inc terhadap akun-akun baru, akan tetapi setelah terjadinya penyalahgunaan oleh para Netizen mengenai akun-akun baru ini, maka kebijakan ini mulai dikaji ulang dengan melakukan berbagai perubahan hardfork (perubahan mendasar di sistem blockchain).

Akan tetapi setelah nahkoda Steemit.Inc beralih ke Justin Sun ternyata kesepakatan tidak tertulis itu telah dilanggar. Entah karena ketidaktahuan Justin ataukah Ned Scott belum memberitahukan hal itu kepada dia, mungkin bisa jadi memang ada agenda lainnya yang tidak diketahui oleh publik dan para Steemian?

Bulan Maret yang Heboh.

Pada awal bulan Maret ini, pare Witness dan Steemian dihebohkan dengan kemunculan para Witness baru yang diduga dikendalikan oleh Justin Sun. Akun para Witness baru ini diduga sengaja dibuat oleh Justin Sun untuk menggeser para Witness lama yang berada di ranking 20 besar. Hal ini dilakukan agar Justin Sun bisa melakukan softfork (perubahan bersifat sementara) pada sistem blockchain Steem bahkan bisa jadi mengarah ke hardfork.

Langkah yang dilakukan oleh Justin Sun dengan menggunakan kekuatan Steem Power dan koin Steem untuk mendukung 20 akun buatannya menjadi Top Witness ternyata berhasil. Hal ini disebabkan ia diduga mendapat dukungan exchanger besar, salah satunya Binance. Akan tetapi hal ini tidak berlangsung lama karena seperti yang diberitakan oleh Cointelegaph.com, Binance Reverses Vote in Apparent Steem Takeover, Steemit Comms Head Resigns, akhirnya dukungan ini ditarik setelah mendapatkan protes luas oleh para Steemian dan publik pemerhati blockchain serta cryptocurrency.

Polemik yang terjadi ini membuat para tim yang dibelakang Steemit.Inc mengundurkan diri seperti halnya Tim Fesenko @roadscape, sebagai Senior Product Engineer and architect of the new Hive Communities feature, dan Andrew Levine, Michael Vandeberg, and Steve Gerbino.

Para Steemian, selaku pengguna akhirnya dimobilisasi dan diajak oleh para Witness (Witness versi komunitas) untuk memberikan hak pilihnya untuk memilih wakilnya (Witness) yang notabene bisa dipercaya dan mau bekerja keras untuk menjaga iklim dan stabilitas komunitas Steem dan blockchainnya. Langkah ini akhirnya membawa hasil dengan naiknya beberapa Witness pilihan komunitas yang berhasil menggeser Witness versi Justin Sun.

Kesimpulannya adalah para Steemian tetap bijak dalam menyikapi perseteruan ini. Tidak terlalu panik secara berlebihan, tetap lakukan kegiatan membuat postingan di platform Steem. Selain itu jangan lupa memilih para Witness yang memang layak untuk dipilih sebagai penjaga stabilitas lalu lintas blockchain Steem. Terus bagaimana memilih Witness yang baik? Coba pikirkan saja para Witness yang telah mendukung para steemian atau pembuat aplikasi yang berguna platform ini seperti contohnya steemauto, steemkey chain dan lain sebagainya, jangan hanya pilih para whale atau witness yang punya bot untuk jual beli voting saja. Ha...ha.. Salam Steemian! (hpx)

<h3><i>Updated</i></h3>
<p>Menurut @steemchiller, pada tanggal 7 Maret, dalam artikelnya berjudul <a href="https://steemit.com/steem/@steemchiller/the-facts">The Facts</a>. Bahwa tindakan Justin Sun untuk menggunakan kekuatan Steem Powernya dan membuat akun 'Witness boneka', serta meminta bantuan beberapa exchanger  untuk memulihkan akunnya, karena ada beberapa Witness yang telah berkonsensus untuk membekukan akunnya dengan melakukan <i>softfork</i> tanpa memberikan pemberitahuan atau sosialisasi kepada komunitas Steem. Untuk lebih jelasnya inilah kutipan yang berasal dari tulisan @steemchiller :</p>

<blockquote>
<h3>Point 2</h3>
The majority of Steem's top/crucial witnesses decide to programmatically freeze the new owner's accounts by installing a new Steem version on their servers, that can be run immediately without applying a hardfork. This so called 'softfork' (SF) can be activated instantly without even informing the Steem community about it and it contains the code to block specific blockchain operations for Mr. Sun's accounts.
</blockquote>

Posted via Steemleo