SECANGKIR KOPI DAN TAHUN BARU

Artkel singkat yang menjelaskan bagaimana semangat setelah menikmati kopi dan semangat ketika menyambut datangnya tahun baru.

SECANGKIR KOPI DAN TAHUN BARU
kopi dan tahun baru

SECANGKIR KOPI & TAHUN BARU

Tahun baru adalah sebuah momen yang menadakan berakhirnya hitungan kalender lama atau berakhirnya masa satu tahun  dan berganti atau memulai lagi dengan hitungan kalender baru.  Di negara kita ini dikenal ada beberapa perayaan tahun baru yang sering dirayakan yaitu tahun baru Masehi , Hijriyah  dan Imlek.

Momen pergantian tahun baru merupakan sebuah perayaan yang sudah menjadi suatu budaya masyarakat.

Perayaan tahun baru awalnya muncul di Timur Tengan yaitu Mesopotamia 2000 sebelum Masehi. Penduduk negara tersebut yang kini disebut Irak merayakan pergantian tahun saat matahari berada diatas khatulistiwa, atau tepatnya 20 Maret.

Perayaan tahun baru dipusat-pusat kota yang berlangsung hingga saat ini disebut, berawal dari Times Square, New York. Perayaan diatas atap Times Square pertama kali diadakan pada tahun 1904 untuk meresmikan kantor baru yang dilengkapi dengan kembang api.

Dan selanjutnya pada tahun 1907, perayaan tahun baru dilakukan dengan menjatuhkan bola pertama di One Times. Sedangkan pada Tahun 1942 dan 1943, kegiatan perayaan tahun baru dengan menjatuhkan bola harus ditunda karena adanya Perang Dunia. Sehingga pada saat itu perayaan tahun baru dengan kesunyian, hanya dering lonceng dari sebuah truk yang terdengar.

Perayaan malam tahun baru bukanlah suatu yang baru lagi, perayaan pergantian tahun yang dimulai tanggal 31 Desember atau dikenal dengan malam tahun baru dan berlanjut dini hari tanggal 1 Januari. Perayaan biasanya digelar semeriah mungkin. Seperti dengan pesta, kembang api, petasan, pesta terompet, panggung gembira, berkumpul dengan keluarga atau rekan sambil pesta barbeque, ada juga yang memilih diam dirumah.

Orang-orang yang bersuka ria menyambut tahun baru akan memberikan berbagai ucapan kepada orang-orang yang tercinta. Dengan anggapan semuanya akan memberikan harapan dan doa juga sebagai resolusi untuk tahun yang akan datang.

Berbagai hidangan akan disajikan dan dinikmati bersama, sebagai pelambang harapan mereka dibulan-bulan mendatang. Contohnya di Amerika akan menyajikan hidangan tradisional berupa kacang polong hitam, yang bentuknya menyerupai koin yang menandai kesuksesan financial di masa depan.

Kue-kue berbentuk cincin akan disajikan, sebagai pertanda bahwa tahun telah tiba lingkaran penuh, yang melengkapi pesta di negara Melsiko, Belanda dan Yunani.

Sedangkan dinegara kita Indonesia, malam perayaan tahun baru biasanya dengan berkeiling kota menggunakan mobil atau sepeda motor. Terompet dari kertas yang dibunyikan dijalan-jalan secara serentak atau dengan menyalakan kembang api diatas langit hitam tepat jam dua belas dini hari.

Perayaan tersebut sengaja digelar untuk menunjukkan jika mereka sangat berbahagia dan bersukacita menyambut datangnya tahun yang baru, dan berharap akan menjadi sebuah harapan baru ditahun mendatang. Serta bisa melupakan hari-hari yang sudah berlalu, sebagai pelajaran yang akan digunakan menyongsong hari-hari kedepan yang lebih indah.

Dari segi perayaan malam tahun baru sendiri, untuk berbagai belahan dunia memiliki cara masing-masing sesuai dengan adat istiadat dan budaya yang sudah berkembang. Malam tahun baru sebenarnya tidak jauh beda pada malam-malam biasanya. Tetapi pada malam tahun baru ini ada suatu perbedaan yaitu suasana dan harapan baru yang terpancar. Makna tahun baru sendiri bagi setiap masyarakat memiliki berbagai macam persepsi.

Dalam setiap momen perayaan pergantian tahun selalu diiringi  rangkaian  doa-doa terbaik setiap insan.

Kelak ditahun yang akan datang segala ranah kehidupan yang akan dijalani bisa menjadi lebih baik dari tahun-tahun lalu. Momen pergantian tahun baru akan menjadi suatu momen untuk menunjukkan adanya semangat baru dalam berbagai hal.

Makna dari semangat tahun baru sangat penting sekali dijadikan suatu stimulus bagi setiap insan dalam menjalani segala aktifitas yang digeluti sehari-hari, misalnya pengusaha atau wiraswasta, pekerja kantor, pekerja pabrik, pedagang, petani, dan lain sebagainya. Semangat tersebut akan memberikan dampak tersendiri bagi semua elemen agar mampu menyusun program-program terbaru, inovasi-inovasi terbaru dan rencana-rencana terbaik yang ingin diraih ditahun-tahun mendatang. Harapan dan cita-cita terbaik, diiringi segala bentuk usaha maksimal yang akan dijalankan dalam rangka pencapaian tujuan yang terbaik.

Dari segi spiritualitas makna dari tahun baru juga bisa diartikam ungkapan rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala anugerah dan kesehatan yang sudah diberikan pada tahun-tahun yang lalu. Keinginan untuk menjalankan lebih baik lagi  semua kewajiban sebagai hamba Tuhan ditahun-tahun mendatang. Harapan akan nilai keimanan yang makin bertambah pada masa-masa yang akan datang.

Tahun baru juga bisa dimaknai untuk mengoreksi atas pencapaian apa saja yang sudah diraih pada tahun-tahun sebelumnya. Dan kekurangan apa yang perlu untuk diperbaiki pada masa mendatang.

Dari segi perekonomian masyarakat, malam tahun baru menjadi suatu momen meraup omzet sebanyak-banyaknya. Contohnya saja bagi pedagang terompet, kembang api, minuman dijalan-jalan, jagung bakar, pada momen inilah mereka akan mendapatkan tambahan penghasilan.

Bagi kalangan pengusaha seperti pemilik tempat rekreasi, hotel, pusat perbelanjaan, pada momen-momen tahun baru inilah pemasukan akan semakin bertambah,

Bagi karyawan suatu perusahaan, pada tahun baru ini akan memperoleh bonus tahunan sebagai bentuk apresiasi dari kerja kerasnya selama setahun ini.

Kopi dan tahun baru sekilas memang keduanya tidak memiliki hubungan yang erat. Minuman kopi bagi kita semua bukanlah suatu hidangan yang baru. Hampir semua insan didunia ini mengetahui jenis minuman yang berasal dari biji kopi tersebut. Kopi selalu identik dengan rasa pahit, tetapi justru tetap terasa nikmat pagi para penikmatnya. Rasa pahit dan getir yang terasa dilidah merupakan esensi kenikmatan sebuah kopi. Namun banyak pula yang berpendapat jika kopi akan terasa manis jika ditambahkan gula.

Meminum kopi pun memiliki filosofi tersendiri bagi setiap orang. Ada berbagai rasa yang dimilik kopi tergantung dari cara penyajiannya. Begitupula dengan suasana yang dirasakan setiap orang saat meminumnya.

Kita bisa memaknai semangat secangkir kopi pagi hari sama seperti semangat tahun baru. Seperti sudah menjadi suatu rutinitas dan ritual tersendiri diawal pagi. Menikmati secangkir kopi akan memberikan semangat tersendiri bagi penikmatnya. Tegukan secangkir kopi menjadi moodbooster tersendiri bagi penikmatnya, untuk mengawali aktifitas dengan penuh semangat dan badan yang segar. Rasanya jika seharian belum meneguknya ada sesuatu yang kurang lengkap.

Kopi juga bisa dinikmati cita rasanya dikala waktu rehat dari aktifitas, misalnya saja bagi pekerja kantor atau buruh pabrik. Pada jam-jam istirahat diantara mereka sebagai pecinta kopi sejati akan meluangkan waktu sejenak untuk menikmati kehangatan dari secangkir kopi. Segala rasa letih, jenuh dan ngantuk seketika akan menghilang, seolah badan menjadi segar kembali. Terkadang efek dari selepas meminum kopi berasal dari mindset penikmatnya juga.

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita menemui istilah ngopi bareng, bertemu kawan sambil ngopi, bertemu rekan kerja sambil ngopi. Dari beberapa istilah tersebut tidak menutup kemungkinan jika kopi dipakai sebagai media komunikasi, penyambung rasa dan pencair suasana. Dengan menikmati kopi bersama maka akan terjalian suatu  keakraban.  Komunikasi yang selama ini kurang dimengerti, dengan ngopi bersama bisa jadi sesuatu hal akan lebih mudah disampaikan, momentnya juga santai sehingga lebih mudah untuk dipahami. Suasana yang tadinya kaku, dengan ngopi bareng bisa jadi akan mencairkan suasana lagi.

Jadi semangat tahun baru yang dirangkai dengan harapan terbaru dan doa-doa terbaik, sama halnya dengan semangat baru sebagaimana selepas kita menikmati secangkir kopi.

Demikianlah artikel pendek ini ditulis, mudah-mudah bisa menginspirasi kita semua untuk selalu bersemangat dalam setiap menjalani roda kehidupan.