PRODUK INOVATIF pengertian dan ruang lingkup

Kerajinan Produk Inovatif untuk Pasar Global

PRODUK INOVATIF pengertian dan ruang lingkup

Usaha Produk kerajinan Inovatif untuk pasar Global.

Ruang lingkup pengertian karya inovatif

Inovatif adalah hasil kerja atau produk yang dihasilkan dari pemikiran kreatif

Salah satu dari sifat atau ciri dari inovatif adalah ada unsur kebaruan atau berbeda dengan produk lain. 

Dalam produk inovatif nampak wujud yang terasa baru dan memiliki ciri karakter yang unik sehingga mampu memberikan kenyamanan dan kesenangan dalam visualnya.

Inovatif memberikan solusi atas kekurangan dan kelemahan yang terdapat pada produk-produk sebelumnya yang beredar di pasaran.

Karya produk inovatif memiliki penekanan pada unsur disain dan kegunaan.

Pada unsur disain menghadirkan rancangan menarik dengan bentuk baru yang belum pernah banyak dilihat pada produk sebelumnya. Sedangkan pada unsur kegunaan banyak mengolah aspek ergonomi yang mengutamakan kenyamanan dalam penggunaan produknya disesuaikan dengan anatomi tubuh sehingga aman, mudah, praktis, efektif dan efisien. Sehingga pengguna produk menemukan tingkat kepuasan yang tinggi baik dalam segi disain ataupun kegunaannya.

Inovatif tidak selalu harus mengandung unsur teknologi tinggi. Karya inovatif merupakan hasil kekuatan manusia dari segi Mind Power. Aspek terpenting dalam produksi karya kerajinan inovatif adalah SDM (Man) yang kreatif. Mind Power dihasilkan dari unsur SDM manusia yang memiliki kreativitas ide tanpa batas. Dari mind power ini menghasilkan ide-ide baru cemerlang yang menjadikan dasar dalam menciptakan produk inovatif.

Produk dikatakan inovatif apabila mendapat apresiasi yang besar dari pasar. Produk inovatif merupakan produk the most wanted, paling dicari oleh konsumen.

Produk inovatif memiliki nilai jual yang tinggi dikarenakan keberadaan nya di pasar masih langka. Permintaan lebih banyak daripada stok produk. Karya Produk Inovatif bisa di dapat pada tempat-tempat tertentu saja yang memiliki nilai prestise yang tinggi. Para pengguna produk inovatif akan diberikan nilai kepuasan yang tinggi dengan diiringi oleh laber prestise yang menempel pada produknya.

Inovasi merupakan hasil kekuatan daya pikir manusia, tidak cukup hanya dengan bahan yang berkualitas saja. Nilai mahal terdapat mind man yang menciptakan ide kreatif.

Beberapa produk mungkin bisa menggunakan bahan sama, namun harga jual akan berbeda mulai dari harga rendah sampai harga tinggi. Yang membedakan nilai jual itu adalah inovasi pada prodek yang bisa di hasilkan oleh mind power.

Maka sangat penting sekali dalam proses produksi akan kebutuhan SDM manusia kreatif yang mampu menghadirkan produk inovatif yang berjaya di pasaran.

 

(Oleh : Budiman, S.Pd)