Pentingnya Komunikasi dalam Pengambilan Keputusan Lanjutan Liga 1 2020 di Tengah Pandemi Covid-19

Komunikasi merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan manusia, dimanapun kita berada tentunya pasti melakukan hal yang disebut Komunikasi. Komunikasi memiliki definisi yakni penyampaian pesan dari komunikator ke komunikan baik individu maupun kelompok melalui suatu media. Proses komunikasi terbagi menjadi dua macam yakni komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Dan media yang digunakan dalam penyampaian pesan pun juga sudah berkembang menjadi teknologi komunikasi bahkan mengarah ke komunikasi digital. Di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini tentu komunikasi lebih sering dilakukan secara online dan penyampaian informasi pun juga kurang maksimal, meskipun begitu kita juga harus beradaptasi dengan kondisi seperti ini. Berbicara pentingnya komunikasi dalam menyelesaikan sebuah masalah mungkin penulis sedikit menyoroti apa yang terjadi dengan sepak bola Indonesia di tengah pandemi.

Pentingnya Komunikasi dalam Pengambilan Keputusan Lanjutan Liga 1 2020 di Tengah Pandemi Covid-19
Gelora 10 November Tambaksari-Surabaya

Komunikasi merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan manusia, dimanapun kita berada tentunya pasti melakukan hal yang disebut Komunikasi. Komunikasi memiliki definisi yakni penyampaian pesan dari komunikator ke komunikan baik individu maupun kelompok melalui suatu media. Proses komunikasi terbagi menjadi dua macam yakni komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Dan media yang digunakan dalam penyampaian pesan pun juga sudah berkembang menjadi teknologi komunikasi bahkan mengarah ke komunikasi digital.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini tentu komunikasi lebih sering dilakukan secara online dan penyampaian informasi pun juga kurang maksimal, meskipun begitu kita juga harus beradaptasi dengan kondisi seperti ini. Berbicara pentingnya komunikasi dalam menyelesaikan sebuah masalah mungkin penulis sedikit menyoroti apa yang terjadi dengan sepak bola Indonesia di tengah pandemi.

Kelanjutan Liga 1 2020 yang masih belum jelas tentu membuat seluruh pecinta sepak bola sudah gelisah dan sedikit kecewa dengan keputusan yang diambil oleh PSSI dan juga PT LIB selaku operator liga yang terus menjanjikan bergulirnya liga sejak bulan juli hingga desember 2020 masih belum ada keputusan yang jelas. Komunikasi antara PSSI dengan Klub juga seakan tidak sejalan dan searah, mulai dari sosialisasi extraordinary liga 1 2020 hingga mengenai nilai kontrak pemain.

Meskipun begitu PSSI dan PT LIB seakan tidak menyerah dan terus mencoba berkomunikasi dan bernegosiasi dengan POLRI selaku pemilik izin keramaian dan pertandingan. Namun, lagi-lagi negosiasi tidak menemui titik temu, Liga yang semula dijadwalkan mulai bulan November atau Desember harus diundur ke Februari tahun 2021

 Penulis berharap komunikasi bisa dijadikan pembelajaran bahkan menjadi solusi dalam pengambilan suatu keputusan kedepannya, terutama bagi PSSI agar mengkomunikasikan pesan kepada klub dengan baik dan transparan artinya pecinta sepak bola Indonesia bisa mengetahui apa yang disampaikan PSSI dan PT LIB kepada Klub dan di tengah pandemi seperti ini tidak ada batasan dalam melakukan komunikasi baik secara online ataupun tatap muka, semua pihak tetap bisa berkomunikasi menggunakan media yang ada.

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang berjalan dua arah dan menciptakan feedback atau respon sehingga tidak terjadi komunikasi satu arah saja, Dan seluruh elemen sepak bola Indonesia harus bekerja sama guna menciptakan komunikasi sebagai upaya pengambilan keputusan yang tepat dalam lanjutan liga 1 2020 di tengah pandemi.