MR DEWDEW

MR DEWDEW

“Dewdew…. Morning…”

Students don’t need a perfect teacher. Students need a happy teacher, who’s gonna make them excited to come to school and grow a love for learning.

~ Richard Feynman ~

Dalam bahasa Indonesia, ”Siswa tidak membutuhkan guru yang sempurna. Siswa membutuhkan guru yang bahagia, yang akan membuat mereka bersemangat untuk datang ke sekolah dan menumbuhkan kecintaan untuk belajar.”

In jowo… Sinau iku sing penting semringah, terjemahan ala Dewdew.

“Don’t just teach your students to read. Teach them to question what they read, what they study. Teach them to doubt. Teach them to think. “

*Dewdew*

“Jangan hanya mengajari siswa Anda membaca. Ajari mereka untuk mempertanyakan apa yang mereka baca, apa yang mereka pelajari. Ajari mereka untuk ragu. Ajari mereka untuk berpikir. “

Dewdew, panggilan guru bahasa Inggris senior yang sudah pensiun tapi masih tetap aktif di group Whatsapp Navy English Teacher. Nama aslinyapun lucu, Duwet.

Saya rasa tepat sekali orang tuanya memberikan nama Duwet untuknya. Nama Duwet banyak menjadi bahan pembicaraan diantara guru bahasa Inggris. Ada yang memaknainya Duwet sebagai Juwet (Javanese grapes) yang berwarna ungu tua cenderung ke warna hitam yang berasa asam and sepet (bahasa Jawa).

Dewdew, guru yang pandai dengan bahasa Inggrisnya yang excellent, menurut saya. Saya memiliki opini tersebut dari quotes-quotes yang dikirimkannya yang padat dengan makna dan kadang di plesetkan artinya dalam bahasa Jawa, namun inti makna masih mengena. Quotes-quotes itu dapat diambil dari pendapat orang-orang terkenal atau bahkan dari quotes dirinya sendiri.

Dua quotes diatas memberikan inspirasi ke kita bagaimana memperlakukan siswa di dalam belajar dan kriteria guru di dalam proses belajar mengajar.

Quote ala Dewdew yang lain:.

“Bener kata si mbah.”

Apparently, the grandmother said.

To become a smart person, it takes a long process, even years.  But to be a moron, you don’t need any process.  Just throw away your embarrassment, at that moment you are suddenly stupid.

Rupanya, kata sang nenek.

Untuk menjadi orang yang cerdas dibutuhkan proses yang panjang, bahkan bertahun-tahun. Tetapi untuk menjadi orang bodoh, kamu tidak membutuhkan proses apa pun. Buang saja rasa malumu, pada saat itu kamu tiba-tiba menjadi bodoh.

duwet ~

Jowone, Dadi wong pinter iku angel…. Angeel. (terjemahan ala Dewdew)

Apa yang dikirimkannya menjadi bahan pembicaraan yang segar dan dapat menjadi diskusi yang panjang. Saya banyak belajar dari dia terutama keberaniannya dalam mengungkapkan pendapat.

Jakarta, 24 Februari 2021

Nani Kusmiyati, S.Pd., M.M.

Lomba Menulis PGRI

Hari ke-24.