Mi yang Belok Jadi Roti

Niat hati mo bikin mi, apa daya belok jadi roti.

Mi yang Belok Jadi Roti
Foto oleh Rase

Kemarin googling cari resep mi vegan yang GF. Nemu satu yang kayaknya masuk akal. Trus SS. Mo kerjakan kemaren kok niat belum terkumpul. 

Teman yang ngajarin bikin mi GF, caranya pake telur. Padahal, meskipun lacto ovo vegetarian, aku cenderung menghindari pemakaian telur. Amisnya ga tahan. Makanya googling2 itu. Nemu. Dia pakai minyak, bahkan pakai garam dan air. OK deh. Mari kita coba.

Seperti biasa, otomatis aku memasukkan unsur labu kuning ke adonan. Belum pindah ke lain hati. Timbang timbang timbang. Cemplung-cemplung. Ulet ulet ulet.

Eh? Kok resep dia ga pake ragi? Beneran nih? Kulihat lagi. Bener tuh? Hmmmm ....

Mulailah hati meragu.

Akhirnya, daripada daripada, kutambahkan ragi. Jumlah air kusesuaikan karena sudah ada air di pumpkin rebus. Jumlah minyak kutambah, ketika adonan tidak meyakinkan. Hhhhmmm ... Lebih baik kudiamkan sebentar, supaya pengikat pengganti gluten bisa bekerja dan ragi berbaik hati?

Jeng jeng! Ketika kugilas, dia masih rapuh ga mau elastis. Kulihat adonan kuning cantik. Sayang juga, ya? Hhhmmm ....

Akhirnya nyerah, kukocok satu telur. Ulet ulet lagi. Tumben ga kecium amis? Atau akunya sibuk panik? 

Adonan makin cantik dan lembut. Bagai perempuan ayu di bawah terang lampu. Istirahat bentar. Ketika kugilas .... Belum mau juga elastis.

OK, kapal berubah haluan. Banting stir .... Aye aye, Captain! (Boleh bayangin Kapten Haddock, Mr. Crap, Alosa, atau Elizabeth Turner).

Kuambil cetakan, alasi kertas roti, adonan bagi dua. Cemplung cemplung. Masukkan oven yang sudah panas. Aman!

Roti tawar gluten free, ovo vegetarian.

Sebentar petik sesuatu buat preserve, nih. Buat nemenin roti tawar.

 

PS: Ternyataaaa .... Setelah buka kepekan, termasuk catetan dari teman yang ngajarin mi GF, baru nyadar namanya mi emang ga pake ragi (dasar, ya ... smua-smua dikasi ragi). 

Meskipun open book, kalo tangan dah pegang segala macem, males buka catetan sok hapal resep .... Hahaha.

Ini kayaknya karena beberapa hari niatnya mendua, mo bikin mi apa roti, hahaha).