Menjelajah Pantai Karanggongso Trenggalek

Menjelajah Pantai Karanggongso Trenggalek

Kota Trenggalek terletak di pantai selatan ujung Jawa ,daerah ini terkenal dengan bentangan pantai jawa selatan. Salah satunya pantai Karanggongso atau lebih dikenal dengan sebutan Pantai Pasir Putih. Letaknya di Dusun Karanggongso Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupten Trenggalek, dari pusat kota pantai ini berjarak sekitar 40 km dengan perkiraan perjalanan sekitar 1,5 jam, sedangkan dari Surabaya kurang lebih 200 km. 
Pada hari Ahad, 17 November 2019 saya dan teman-teman dari SMP Terpadu Tarbiyatunnasyiin Paculgowang Jombang mencoba destinasi pantai Karanggongso, berangkat pukul 01.00 dini hari dengan mengendarai Bus sampai di tujuan pukul 06.00 pagi.

Perjalanan yang cukup santai karena  kendaraan juga tidak padat, mengingat malam minggu biasanya tempat-tempat wisata akan ramai pengunjung. Karanggongso di pagi hari masih lenggang dan sejuk beberapa pengunjung sudah ada yang datang dan membentangkan alas tikar di bawah pohon kelapa, kamipun juga mencari tempat yang teduh dan pas untuk menikmati hamparan pasir pantai yang putih. 

Keuntungan datang di pagi hari tidaklah sia-sia kita bisa melihat dan menikmati air laut yang sedang surut, saat itu saya dan teman-teman bisa ke tengah laut sambil melewati  berbagai karang dan melihat bermacam-macam biota laut. Namun perlu berhati-hati sebaiknya jika ke tengah laut lebih baik menggunakan alas kaki. Pengalaman saya bertelanjang kaki tidak disengaja menginjak Bulu Babi atau Landak Laut, Alhamdulillh setelah diperiksa tidak sampai durinya masuk di kulit. Setelah insiden itu kami tetap melakukan perjalanan ke Tengah laut, di tengah banyak batu-batuan karang yang besar moment ini tidak kami lewatkan untuk pengambilan Spot Foto, sebelum air laut  pasang sekitar pukul 09.00 – 10.00 wib.  
Pantai Karanggongso terkenal dengan sebutan pantai Pasir Putih karena tempat ini pasirnya putih berbeda dengan pantai yang lain, selain itu ombaknya tenang, umumnya pantai selatan Jawa terkenal dengan ombaknya yang besar. Hal ini dikarenakan pantainya dikelilingi bukit dan  pegunungan, sehingga banyak wisatawan pada saat itu tidak mensia - siakan untuk berenang di pantai bersama keluarga.

Semakin siang wisatawan mulai banyak berdatangan, disaat kita akan pindah tempat lain, banyak wisatawan yang berendam disekitar bebatuan pinggir pantai. Tujuan selanjutnya saya menamai private beach karena saat itu masih sangat sepi dan pengunjung lebih suka menikmati bibir pantai yang berada di tengah, dibandingkan  tempat yang saya tempati dengan teman-teman , di sini saya mulai berani untuk berenang karena ombaknya yang tidak terlalu besar dan airnya juga bersih.

Di sana disediakan juga jasa penyewaan alas untuk duduk-duduk berkumpul, lebih ni’mat lagi saya dan teman-teman kemarin membawa bekal sendiri dari rumah, sesampainya di sana kita semua bisa langsung makan pagi. Di sana juga tersedia kamar mandi, musholla, oleh-oleh khas karanggongso berupa : Ikan Asap, kaos, dan beberapa baju batik dan hal - hal menarik  lainnya.    
Obyek wisata di pantai Prigi Karanggongso yang bisa untuk memanjakan pengunjung dengan permainan Banana Boat untuk menikmati permainan tersebut, satu Bana Boat dikenaka tarif Rp. 100 ribu.  Berkeliling laut dengan perahu untuk bisa menikmati hal itu tiap perahu dikenakan tarif Rp. 100 – 150 ribu. Adapun tarif tiket masuk per orang Rp. 10 ribu. Sedangkan bus Rp. 25 ribu, sepda 2 – 3 ribu sedangan mobil sekitar Rp. 5 ribu.