Menikmati Proses

Menikmati Proses

Kemarin malam, mungkin sekitar jam 11an, saya ikut forum sharing nya kak Jos Siant. Judulnya aja menarik, Happy Hour. Padahal saya masih ngerasa belum happy sepenuhnya, hehehe. Karena belum terbiasa mengatur waktu dengan kegiatan yang banyak dalam satu hari.

Sebelum nikah, saya terbiasa bekerja tanpa ngeh urusan rumah. Setelah menikah, ternyata mengurus rumah itu kewajiban utama saya. Ya.. saya masih belajar memperbaiki itu, hehehehe. Ngurus, rumah, ngajar tk dan tpq, dan belajar bisnis online di kelas online.

Awal gabung forum, saya disapa dan ditanya kabar oleh kak Jos, sambil nunggu teman teman lain gabung. Kak Jos sedang menccba fitur forum terbaru FB, dan beliau mengajak kami untuk membandingkan bagaimana cara kerja forum FB ketika diakses di HP dan Laptop.

Disitu saya merasa bersyukur, bisa bertemu beliau, dan belajar langsung bersama beliau. Sering diajakin live, cobain hal baru, pokoknya secara nggak langsung saya dan teman-teman "diajak" untuk praktek sungguh-sungguh. Yang ikut kelas beliau, seperti Kelas List Building dan Mentoring Shopee Zoom, pasti faham lah kalau kak Jos ngajar gimana? hehehehehe. Satu kata buat beliau, TOTALITAS.

Ketika sharing itu lah saya baru tau, kalau beliau itu seorang guru dulunya. 13 tahun mengabdi jadi guru sekolah dan guru privat, honor privat beliau pertama 32.000. Beliau cerita itu sambil bilang, " Uang segitu sama bensin dan makan aja udah habis, tapi saya nikmatin prosesnya." "Pantes aja cara ngajarnya beda," ucap saya dalam hati. Saya pribadi benar benar dibimbing beliau.

"Buat saya, harga saya itu ketika kalian ngasih testimoni. Terima kasih bang Jos, saya sudah dapat sekian sekian penghasilan. Atau sudah dapat keuntungan berkali lipat, itu saya seneng banget dan itulah Harga Saya mengajar. Makanya saya serius ngajarin nya, ngajak temen temen, " Ayo live.. ayo live... " Kalau jumlah nominal yang kalian bayar di kelas kelas saya, itu komitmen belajar kalian. Harga saya ya kesuksesan kalian dalam praktek. Kak syifa pasti tau lah gimana rasanya, karena sama sama guru "

Saya mengangguk sambil tersenyum. Kak Jos benar, harga seorang guru itu ketika murid yang diajarnya berhasil. Saya mengamini dan sayapun mengalaminya. Ada rasa senang ketika murid yang dibimbing membuat perubahan dalam hidupnya. Dan hal itu tidak bisa diukur oleh materi

Saya lalu mengingat bagaimana guru-guru saya mendidik saya, baik di sekolah formal, maupun beberapa kelas online yang saya ikuti. Saya bersyukur... diizinkan ALLAH, dipertemukan dengan para guru hebat. Meski berbagai bidang, tapi support mereka begitu luar biasa. Membuat saya menyenangi belajar dan bersemangat praktek.

" Yang harus teman teman ingat, jika kita tidak berhasil, jangan salahkan siapapun apalagi salahin mentor. Bisa kualat nanti. Nikmatin aja prosesnya. Saya juga dulu ngalamin, tidur jam 2 karena harus posting iklan di toko Shopee, sama kayak yang teman teman alami sekarang. Bedanya saya duluan belajarnya, " ucapnya sambil menawari kami makan kuaci, ????

Menikmati proses memang tidak mudah, terlebih saya pun masih belajar membaca pesan dibalik emosi diri yang muncul. Kalimat sederhana dari kak Jos itu membuat saya sadar bahwa ALLAH selalu mengizinkan hamba Nya untuk berhasil asal ia MAU melakukan PERUBAHAN. Cermin dari Surat 13 ayat 11 dalam AL- Qur'an.

Alhamdulillah, saya dikelilingi para guru hebat yang luar biasa ngasih support saya dalam belajar, salah satunya Kak Jos. Bahkan yang membuat saya terharu, Kak Jos mendoakan saya agar tahun depan saya mempunyai kehidupan yang lebih baik secara ekonomi.

Terima Kasih kak Jos dan Kak Edlin, sharing kemarin malam sangat berkesan dan membuat saya lebih bersemangat dalam praktek.

Alhamdulillah...