Mengenai Harapan, Perpisahan, dan Kematian

Prosa singkat tentang tiga hal pasti di kehidupan

Mengenai Harapan, Perpisahan, dan Kematian

Di dunia ini ada 3 hal yang pasti :

Harapan

Perpisahan

Kematian

Aku tahu harapan adalah hal yang rancu, tapi harapan itu pasti ada. Selalu. Di sisi tergelap bumipun ada harapan untuk seberkas cahaya. Lalu mengapa harapan dianggap fana? Palsu? Itu karena harapan diperluas oleh mulut-mulut tak berjeruji, sudah hilang kunci mereka entah sejak lama.

Maka perpisahan, mengapa pertemuan tak pasti namun perpisahan iya? Singkat saja, manusia tanpa bertemu kan saling mencinta, kan saling berempa-simpati. Maka pertemuan itu tidak mutlak, sedangkan perpisahan. Suatu hal yang hukumnya mutlak, sudah ditetapkan saat bintang pertama di ledakkan oleh atom-atom yang beradu kekuatan.

Tentu kematian adalah hal terakhir. Bahwa banyak yang percaya akhir adalah kematian dan kematian adalah akhir, namun orang-orang itu pula yang tidak memperdulikan dunia. Tidak ingin cepat mati namun kematian tiap detik mereka sebut namanya, malaikat pencabut nyawa.  Namun, kematian bukanlah akhir, akhir adalah dimana semua berhenti berharap tuk pertemuan. Manusia kehilangan ego dan nafsu juga akal, apa bedanya dengan binatang jalang? Toh sama-sama beranak pinak. Bedanya manusia memikirkan kematian, ajal yang mendekat. Binatang tak peduli.