Memories With Grandmother

"Aku rindu pada masa kecil semua begitu sederhana. Saat akau terjatuh hanya kaki dan lututku yang terluka. Bukan hati."

Memories With Grandmother
Memories With Grandmother

Memories With Grandmother

"Aku rindu pada masa kecil semua begitu sederhana. Saat akau terjatuh hanya kaki dan lututku yang terluka. Bukan hati."

Saat itu aku berada di bangku kelas 6 SD Negeri 1 Pelauw, menjelang Ujian Kelulusan aku memilih untuk pindah ke rumah nenek agar lebih dekat dengan sekolah. Aku dan nenek tinggal di sebuah gubuk kecil terletak di unjung matahari terbit atau bisa di katakan unjung kampung daerah saya berasal "pelauw", gubuk yang di penuhi dengan pepohonan yang hijau dan rumput-rumput besar.

Tempat itu terlihat menyeramkan dimalam hari, kesunyian yang dirasakan tanpa keramaian.
Setiap pulang sekolah aku akan mengikuti ibu-ibu di seputran rumah nenek untuk mencuci pakaian di sungai, dikarnakan saat itu masih kesulitan air bersih. Perjalanan kami menuju sungai cukup jauh aku bersama ibu-ibu harus melewati banyaknya terumbung karang sepanjang perjalanan menuju sungai.

Nenek....
Nenek mengalami Ekspektoran gangguan batuk berdahak, nenek cukup lama menderita penyakit ini hingga saat yang tak pernah diinginkan itu tiba.

Di setiap malam, setiap mimpih indahnya ia akan terganggu dengan kegersahan yang membuatnya tidak nyaman “Batuk”. Iaa.. batuk, ketidaknyamanan yang membuat napas itu terasa sesak “ terlihat dari raut wajah nenek’’.

OBH NELLCO SPECIAL Dewasa adalah obat yang mengandung Glycyrrhizae succus, Ephedrine HCl, Paracetamol, Ammonium Chloride, Chlorpeniramine maleat. Obat ini digunakan untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin yang disertai batuk.

OBH NELLCO SPECIAL ini yang selalu menjadi pertolongan pertama untuk nenek, bahkan tidak pernah aku biarkan cairan botol itu habis. Setiap minggu aku akan membelinya sebagai stop tanpa henti.
 

Hari itu akhirnya tiba, kesehatan nenek mulai menurun
Aku selalu takut hari itu. Aku tidak  pernah mengharapkan hari itu aka ada di dalam hidupku. Ya, hari dimana kesehatan nenekku mulai menurun.
Aku semakin bisa melihat dengan jelas jejak guratan menua diwajah nenek. Nenek tidak lagi tampak sehat, nenek lebih banyak tertidur di atas kasur.

“Akhirnya aku mengajak nenek kembali tinggal bersama ibu”, nenek mempunyai 4 anak wanita dan 2 anak pria. Ibuku adalah putri pertama dari 6 bersaudara itu sehingga nenek memilih tinggal bersama ibu dan inggin dekat dengan aku.

Hari berganti hari, hingga tiba saat itu nenek terjatuh  setelah ia mandi. Dan setelah kejadian menyakitkan itu nenek mulai sakit, kejadian itu membuat kaki dan juga mukanya bengkak. Bibirnya yang bengkak membuat nenek kesulitan makan,semakin hari kondisinya sangat memprihatikan saat itu kami menghubungi suster untuk memeriksa dan juga memasang    impus. Kejadian itulah yang membuat kondisi nenek semakin parah.

“aku merasa sangat beruntung”, karena saat itu dari sekian banyak cucunya aku salah satu cucu yang masih dapat merawat dan menjaganya. Hingga pesan-pesan gerakan isyarat yang disampaikan untuk aku pun sampai sekarang belum aku pahami apa pesan terakhir itu

“isyarat-isyarat yang sulit dipahami”
ujarku kepada keluarga yang sempat saat itu  sedang berkumpul,

kataku “apa pesan isyarat ini ? .

mereka pun menjawab dengan senyum “kamu beruntung”, dari semua anak dan cucu nenek hanya kamu yang mendapatkan isyarat terakhir itu “kata sodara nenek yang sedang berkunjung”.


Nenek Meninggal Dunia
Singkat cerita ……..
Novermber 2016,  tepatnya 4 tahun lalu merupakan hari bersejarah dan paling menyedihkan dalam hidupku. Salah satu orang yang palingku sayangi dan paling berarti dalam hidupku telah pergi meninggalkanku dan keluargaku untuk selama-lamanya.

Beliau adalah NENEKKU……..

Masih teringat dalam ingatanku sore itu disaat aku masuk menghampiri nenek yang sedang terbaring, tampaknya nenek baik-baik saja, tak ku sangka itu adalah pertemuan terakhir kami. Disaat itu nenek menghembuskan nafas terakhir dirumah.

Beginikah rasanya kehilangan orang yang kita sayangi?

Aku berteriak dengan kencang didalam hati “nenekk,nenekk”…. menahan rasa sakit dan air mata. Kutunjukan rasa kuat dan senyum dibalik kesedihan dan kehancuran jiwa. Tak inggin aku perlihatkan kesedihan itu pada wajah cantiknya yang menawan “nenek”…
Sungguh, rasa sedih ini tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Aku tau ini jalan terbaik untuk nenek setelah sekian lama berjuang melawan rasa sakitnya. Untuk itu kami semua melepaskan kepergian nenek dengan iklas.

Bagiku nenek adalah orang tua kedua setelah ayah & ibu. Karena telah merawat dan membesar aku dari kecil hingga aku dewasa dengan penuh kasih sayang. Nenek adalah sosok inspirasi bagiku wanita yang pendiam dan baik hati, semangat dan perjuangannya dalam hidup yang patut aku jadikan contoh.

Walaupun ia mempunyai putri tetapi ia lebih memilih untuk tinggal sendirian, karena tidak ingin merepotkan anak-anaknya, berjuang melawan sakit tanpa perluh mengeluh dan penuh semangat… nenek adalah wanita yang tangguh dan perkasa bagiku.

Nek, taukah nenek bahwa terkadang aku juga selalu cemburu jika ada temanku yang masih memiliki seseorang nenek hingga detik ini ? ya, aku cemburu melihat kedekatan mereka.
Melihat kedekatan temanku dengan neneknya membuatku rindu terhadap semua kenagan yang pernah kita lalui bersama. Kenagan saat kita saling berbagi cerita, kenangan disaat dua tanggan ini masih mampu mengurus dan merawatmu, semua kenagan bersama nenek tidak pernah ada habisnya.

Tapi taukah nek, semua kenagan manis bersama nenek akan selalu tersimpan rapi didalam kepala dan juga hatiku. Bahkan mungkin, esok saat tiba waktuku berperan sebagai seorang nenek, aku akan mencontoh penuh sifat baik nenek.

Nek, aku belum pernah sekalipun mengatakan perasaanku pada nenek bahwa aku mengagumi dan menyayangi nenek lebih dari apapun.Namun sekarang, aku tahu bahwa nenek sudah berjasa memberi masa kecil yang membahagiakan bagiku.

Setiap aku melihat OBH NELLCO SPECIAL dengan kemasan orens hijau dan botol coklat itu, jiwaku akan terpanggil dengan kehadiran sosok nenek, terlintas air mata pun akan berkaca dan jatuh lagi, jiwa dan hati yang tak sanggup untuk mengungkapkannya untuk nenek.
Kini nenek telah pergi untuk selama-lamanya. Yang ada hanyalah ingatan tentang kenangan bersamanya.

Ya Allah, aku rindu akan sosoknya yang penuh kelembutan, rindu dengan senyum manisnya, rindu dengan ocehannya….. aku tau saat ini tak  ada lagi yang bisa aku lakukan selain mengirim doa untuknya….

“Selamat jalan nenekku tersayang, semoga Allah mengampuni semua doa-doa dan kesalahan nenek, dan menerima amal ibadah dan kebaikan nenek selam ini.
Al-fatihah… wanita terbaiku
“Aku sungguh menyayangimu nenek. Ku harap nantinya kita akan berkumpul bersama lagi di surga”.