Masih Mau Jadi Satpam?

Hari ini, tanggal 2 Agustus 2020, aku sedang bekerja sebagai seorang Fotografer kampung di kotaku Palembang, pekerjaan ku berjalan lancar dan pengantin pun berganti pakaian adat yang lain, cukup lama waktunya, memakan waktu 2 jam tanpa pekerjaan, ditambah lagi mati lampu 1 jam , makin lama dah nunggu kerjaan selesai. Untuk membunuh waktu, kau pun mengajak bicara seorang lelaki hitam di rumah keluarga pengantin, kami pun mengobrol. Obrolan kami berjalan lancar karena kami memiliki kesamaan yaitu tante ku yang tinggal di komplek Kenten Damai sedangkan ia bekerja sebagai satpam di Komplek sebelahhnya, Komplek Kencana Damai. Mata nya sembab, tubuhnya gemuk dan kulit nya hitam. Di matanya terlihat letih karena begadang menjaga komplek perumahan kelas menengah. "Om, kalo kerjaan satpam itu ngapain aja om?" Kataku "Ya...jaga jaga aja, tergantung shift nya juga , kalo om 2 shift pagi dan 2 shift malam. Dua hari begadang dan dua hari tidur." Kata om satpam "Waduh bukannya kalo keseringan begadang itu bahaya om, bener gak tuh omm?" " Iya bener, mangkanya kalo kita sering begadang harus diimbanginjuga sama gaya hidip sehat, seperti olehraga dan makan sayur dan buah." "Kalo satpam pensiunnya umur berapa om?' Ya sekuatnya aja, tapi kebanyakan satpam pensiunnya umur 45, karena keseringan begadang dan jaga maalm, badan pun termakan kurus jadinya. Dan juga kalo jadi satpam itu berisiko terkena angin duduk(serangan jantung) dan juga darah tinggi." "Ada triknya gak om buat yang sering begadang?" "Iya ada, kalo kita begadang malam, paginya jangan tidur, sibukkin diri kita biar ga tidur paginya, kenapa? Karena tidur pagi itu gak bagus! Bisa memicu penyakit darah yang gejalanya kulit kita kalo di tekan ntar dia gak balik lagi dan bisa bolong" gitu. *Saya lupa nama penyakitnya*. Kalo om sih biasanya jongging atau olahraga atau keluar kek, gitulah sebagai pengalihan. Selain itu kita juga kalo begadang usahain jangan banyak makan malamnya, ntar perutnya buncit, hehe. Adek sering kan liat satpam2 diluad sana yang perutnya buncit dan badannya obesitas? Itu bisa bahaya dek krn kalo kita obes, pergerakan kita sedikit, olahraga sulit, pembakaran kalori sedikit dan gula menumpuk diubah menjadi lemak,. Ini bisa jadi awal penyakit2 degeneratif dek seperti stroke, gagal ginjal, jantung dan lain sebagainya." "Berarti resiko bekerja sbg satpam ini tinggi sekali ya,om?" "Ya gitulah, ya mau gimana lagi, gak ada pekerjaan lain, mana om ada tanggungan anak dan istri juga, jadknya ribat dah dek." "Iya juga ya om, mantap om????????????"

1.