KOMUNIKASI, KUNCI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH

KOMUNIKASI, KUNCI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH

KOMUNIKASI

Setiap hari bahkan setiap saat orang-orang melakukan hubungan komunikasi.Tanpa berkomunikasi dengan orang lain maka kehidupan manusia sebagai makhluk sosial menjadi tidak bermakna. Komunikasi inilah yang menyebabkan kehidupan manusia dapat berkembang dan berkelanjutan.

25+ Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi Lengkap – Mamikos Info

Source: mamikos.com

Komunikasi adalah "suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Dalam kehidupannya manusia sering dipertemukan satu sama lainnya dalam suatu wadah baik formal maupun informal.

Setiap makhluk hidup pasti memiliki yang namanya masalah. Bohong jika ada yang mengatakan hidupnya tanpa masalah, tetapi tingkatan masalah setiap orang berbeda - beda, ada yang memiliki masalah ringan, sedang hingga berat.  Orang yang tidak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri cenderung akan stres bahkan bisa berujung bunuh diri.

10 Ilustrasi ini gambarkan cara menyikapi persoalan dalam hidup

Source: m.brilio.net

Manusia adalah makhluk sosial yang pastinya membutuhkan orang lain untuk hidup, begitu juga dalam menyelesaikan suatu masalah. Orang yang stres biasanya cenderung menyimpan masalahnya sendiri, tidak percaya pada siapapun. Padahal setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, dimulai dari komunikasi. Biasakan mengkomunikasikan masalah yang anda miliki kepada siapapun yang menurut anda dapat dipercaya dan dapat memberikan solusi yang efektif. Bisa dengan keluarga, sahabat, guru, psikolog dll.

Lalu bagaimana suatu masalah dapat terjadi?

Suatu masalah dapat terjadi dikarenakan faktor-faktor berikut

Faktor Ekonomi

Merupakan sebuah bentuk akan faktor terbesar yang dimana menyebabkan munculnya sebuah permasalahan yang dimana ada di masyarakat dikarenakan faktor ini akan berkaitan dengan pendapatan dari seorang individu yang dimana akan mengacu ke dalam sebuah kesenjangan.

Faktor Budaya

Faktor budaya juga dikarenakan sebuah bentuk kesesuaian terhadap pelaksanaan nilai, norma, hingga kepada sebuah bentuk kepentingan yang dimana akan dapat diakibatkan sebuah bentuk adanya perubahan dan juga sebuah pola pengertian akan masyarkat multikultural

Faktor Biologis

Faktor yang dimana kemudian akan menyebabkan sebuah bentuk akan ketidaksesuaian dari kondisi lingkungan yang dimana kemudian akan menciptakan sebuah ketidakstabilan akan kondisi biologis yang ada di dalam masyarakat.

Faktor Psikologis

Faktor psikologis merupakan sebuah bentuk hubungan yang dimana kemudian akan berhubungan dengan pola pikir dari masyarakat yang ada dan juga anggota masyarakat yang dimana akan berhubngan dengan tatanan kehidupan sosial.

Dalam prakteknya komunikasi bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Tidak sedikit orang mengalami kesulitan dalam melakukan hubungan komunikasi.

Bagaimana mengatasi kesulitan melakukan komunikasi?

Definisimu: Definisi Komunikasi

Source: definisimu.blogspot.com

1. Praktek

Praktek adalah kunci untuk mencapai kesempurnaan. Jika Anda memiliki masalah berbicara di depan umum atau memulai diskusi, Anda bisa latihan berbicara dengan teman atau anggota keluarga Anda.

2. Ambil inisiatif

Untuk menjadi unggul dalam berkomunikasi, ambil inisiatif dalam memulai diskusi, misalnya, menentukan topik. Ini tidak hanya menunjukkan bahwa Anda dapat memimpin dengan efisiensi manajerial, tetapi juga kemampuan Anda untuk membuat orang mendengarkan Anda dalam diskusi.

3. Bahasa tubuh yang positif dan ekspresi

Setiap emosi atau bahasa tubuh yang negatif bisa membuat kesan buruk tentang Anda. Bahkan, jika Anda merasa gugup atau stres, cobalah untuk tidak menunjukkannya dan menutupinya dengan kepercayaan diri Anda.

Lantas bagaimanakah komunikasi yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan suatu masalah?

1. Komunikasi secara langsung dengan orang yang anda percaya

Anda bisa menceritakan langsung masalah anda pada orang - orang yang anda percayai dan langsung berdiskusi tentang jalan keluar yang sekiranya bisa membantu anda dalam menyelesaikan masalah anda. Keluarkan semua keluh kesah yang anda rasakan. Saat cerita anda boleh menangis, berteriak, ataupun marah agar beban masalah yang sedang anda rasakan bisa hilang sepenuhnya.

2. Lakukan komunikasi non verbal

Orang yang dapat berkomunikasi secara non verbal ini biasanya adalah orang - orang yang sudah ahli di bidangnya, seperti guru BK, Psikolog, atau orang - orang yang sudah benar - benar dekat dengan si pemilik masalah ini. Biasanya orang yang diajak konsultasi ini akan membaca ekspresi si pemilik masalah, lalu dia akan memancing dengan obrolan - obrolan ringan di awal, yang kemudian akan menjurus ke akar permasalahan yang dihadapi si pemilik masalah. Setelah itu si pemilik masalah akan menceritakan masalahnya dan bisa bersama - sama mencari solusinya.

3. Jangan menceritakan masalah di sosial media

Source: tabloidbintang.com

Hindari pula untuk menceritakan masalah anda di sosial media, karena sebenarnya hal itu tidak akan membantu anda, mungkin anda akan berfikir bahwa apabila anda curhat di sosial media maka akan ada banyak orang yang peduli pada anda, namun pada kenyataannya kebanyakan orang yang mengetahui masalah anda di sosial media malah menghujat tanpa memberi solusi, bahkan ada yang senang dengan masalah yang anda miliki dan hal tersebut bisa membuat anda makin stres.