JENUH

Segala sesuatu di dunia yang mengalami saturated adalah diakibatkan oleh overload di banyak waktu, atau karena umur.

JENUH
Kejenuhan akibat dari overload di pikiran dan umur

Jika Anda seorang guru, tentu harus mengetahui makna 'saturated', atau terjenuhkan. Sesuatu materi yang dalam kondisi saturated, maka dia tidak dapat menerima masukan apapun. seorang siswa yang sudah saturated, maka dia mudah menyerah dan tanpa gairah. Dalam bidang elektronik transformer yang saturated akan mudah terbakar. Dalam seni lukis campuran warna yang saturated berarti sudah tidak dapat menerima campuran warna apapun. Penulis yang mengalami sapurated maka dia 'mandeg' berliterasi dan tumpul berimajinasi. Segala sesuatu di dunia yang mengalami saturated adalah diakibat kan oleh overload di banyak waktu, atau karena umur.

Beberapa hari yang lalu di saat musim pandemi covid 19 banyak guru yang merasa jenuh dengan aktivitas sehari-hari. Banyak siswa yang jenuh dengan kondisi di saat belajar dari rumah. Guru juga sama dengan siswa, jika dalam kondisi saturated mereka dibebani apapun maka tidak akan menghasilkan apa-apa kecuali hanya menghabiskan waktu. Saturated adalah sangat berbahaya, karena jika terjadi di pikiran maka seseorang akan mudah terbakar emosi.

Banyak orang yang biasa menulis, tiba-tiba berhenti. Ini juga dapat terjadi karena kejenuhan yang bertubi-tubi. Jenuh dengan gejolak, jenuh dengan masalah, dan juga jenuh dengan rutinitas. Temannya itu-itu saja, jenis pekerjaan itu-itu saja, kondisi lingkungan itu-itu saja. Oleh sebab itu orang yang mengemban jabatan terlalu lama yang paling berbahaya adalah kejenuhan, mereka akan menjadi 'saturated people'. Begitu juga orang yang dipimpin juga akan mengalami hal yang sama yaitu sapurated. 

Bagaimana menghilangkan dan mencegah penyakit sapurated itu. Obat yang paling mudah adalah saling berkomunikasi bebas dan bersilaturahim. Salinglah berkunjung antara kepala sekolah, antara guru, antar siswa, antara pegiat, antara para volunteer, dan yang lain. Saat bertemu itu, medan magnet akan muncul kembali dari cell-cell di tubuh kita yang telah lama tidak mengeluarkan gelombang. Sebaliknya, senang bermusuhan, atau senang memusuhi, maka  akan membuat cell-cell tubuh mandul dan tidak akan mengeluarkan gelombang. Saturated brain akan cepat muncul pada orang-orang yang senang memusuhi yang lain, dan akan mengeluarkan  sinyal  acak yang tidak berdampak positif pada output. Mungkin suatu saat akan ada enjinir yang membuat detektor untuk 'saturated people', seperti alat pengukur harmonik pada jala-jala listrik.

Bagaimana Anda, have you been saturated?