ITS OKAY! MASIH BISA BERKOMUNIKASI KOK, MESKI BERJARAK

Jarak bukan penghalang antar-manusia untuk berkomunikasi

ITS OKAY! MASIH BISA BERKOMUNIKASI KOK, MESKI BERJARAK
https://images.app.goo.gl/6Lhfanx6SCTHHHJY6

Di zaman modern ini pola kehidupan manusia berubah karena terjadi perkembangan pesat diberbagai bidang, terutama dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Perkembangan teknologi memang tidak bisa dihindari oleh manusia, karena semakin kesini akal manusia juga mengalami perkembangan dan manusia berusaha untuk mengatasi permasalahan kompleks dalam hidup dengan kemudahan teknologi. Salah satunya adalah masalah komunikasi.

Manusia tak bisa lepas dari komunikasi dengan manusia lain. Komunikasi memang sangat dibutuhkan dan penting sekali. Dengan berkomunikasi  manusia bisa saling menyampaikan serta menerima pesan yang dimaksud untuk dipahami.

Komunikasi sekarang sangat dimudahkan karena adanya teknologi. Berkirim kabar dan ngobrol bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Mulai dari Telepon, SMS, WhatsApp, Mesengger, Telegram, Zoom, Meet, dll.

Jarak yang cukup jauh sekarang bukan menjadi penghalang bagi manusia untuk berkomunikasi. 

Namun, jika adanya keterbatasan internet ataupun sinyal telekomunikasi yang masih minim itulah yang menjadikan komunikasi sedikit terhambat.

Sangat disayangkan, perkembangan teknologi komunikasi yang begitu masif menimbulkan berbagai hal positif serta menimbulkan muncul permasalahan komunikasi baru.

 "Mendekatkan Yang Jauh, Menjauhkan Yang Dekat", itu merupakan tagline yang sudah menjamur di masyarakat dan mengambarkan realita kehidupan yang terjadi.

Dimana manusia mampu terhubung meskipun lintas tempat, lintas daerah, lintas negara bahkan lintas benua. Komunikasi terjadi begitu hangat dan seru via gadget bisa untuk saling melepas rindu, melepas kesedihan, tertawa bersama, berbagi kabar/cerita, bahkan menyambung silaturahmi yang sudah terputus lama.

Pernah ketika saya berkumpul dengan teman-teman saya di suatu kafe yang cukup ramai di dekat rumah. Saya melihat fenomena yang sudah menyedihkan, yaitu masing-masing teman saya asik dengan gagdet mereka. Ada yang update story di WA, ada yang buat postingan di Instagram, ada yang sibuk selfie, ada yang chatting-an sama pacarnya, ada yang sibuk mengedit foto, ada yang telponan dan ada juga yang video call.

Dunia maya mampu merengut kehangatan berkumpul bersama orang-orang terdekat kita. Interaksi komunikasi secara langsung terasa melelahkan, menjenuhkan dan tak menarik karena masing-masing orang terlalu sibuk dengan gadget yang tak bisa jauh-jauh bahkan tak bisa lepas dari tangan. 

Di ujung pena tulisan ini. Mari sama-sama kita berkomitmen untuk lebih bijaksana dalam menggunakan teknologi komunikasi. Dengan begitu akan banyak manfaat yang didapat.

Akhir kata. Semua yang berlebihan itu tidak baik. Jangan sampai komunikasi secara tatap muka langsung dengan orang-orang dekat dikesampingkan karena terlalu asyik berkomunikasi dengan orang yang terhubung lewat dunia maya.

 

​​​​​