Hubungan Erat antara Komunikasi dan Masalah

Setiap permasalahan dapat dikomunikasikan dan terselesaikan.

Hubungan Erat antara Komunikasi dan Masalah

Problematika atau biasa kita kenal dengan sebutan masalah, bisa datang kepada siapa saja dan kapan saja. Tanpa pilih kasih dan pandang bulu, mau dia kaya, mau dia cukup, mau dia sederhana. Baik kepada karyawan, bos, pedagagang atau siapapun itu, yang ada dimuka bumi ini, semua pasti pernah punya masalah. Masalah adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri, ataupun dihindari. Masalah itu sendiripun, bukanlah sesuatu hal yang harus ditakuti, dan bukanpula hal yang harus kamu tinggal pergi. Tetapi masalah itu adalah sesuatu yang harus kamu hadapi.

Stress menghadapi suatu permasalahan??. Itulah hal yang kebanyakan terjadi pada saat ini, dan menurutku Itu adalah hal yang wajar. Ketika seseorang untuk pertama kalinya, menghadapi suatu permasalahan besar yang terjadi dihidupnya, mungkin dia akan merasakan stress atau tertekan, kehilangan nafsu makan, kehilangan semangat, bahkan dia pun bisa sampai sakit karena terlalu memikirkan permasalahan tesebut. Namun hal itu jangan dibiarkan berlarut – larut, yang perlu kita ingatkan pada dirikita adalah bahwa, hal tersebut tidak akan menyelesaikan suatu masalah, tetapi hal tersebut malah akan menambah parah suatu masalah.

Jadi cobalah untuk selalu berpikir positif dalam menghadapi setiap permasalahan yang hadir. Setiap orang punya masalahnya masing – masing, baik itu masalah besar atau kecil tergantung bagaimana mereka memandang dan menyikapi permasalahan tersebut. Terkadang dengan adanya suatu permasalahan kita sebagai manusia bisa belajar tentang arti suatu kehidupan. Dan dengan adanya masalah itu sendiri, kita bisa belajar untuk menyikapi segala sesuatunya dengan lebih baik dan bijaksana. “Masalah itu seperti ujian dimana ada soal pasti ada jawabannya”. Dan tugas kita adalah menyelesaikan ujian tersebut, karena disetiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. So.. Jangan kalah dan menyerah dengan masalah.

Yang harus kita lakukan adalah berusaha mencari jalan terbaik untuk keluar dari suatu permasalahan yang sedang kita hadapi. Ketika suatu permasalahan muncul maka, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari sumber dari permasalahan tersebut. Ketika sumber permasalah telah ditemukan, itu merupakan titik awal menuju jalan keluar dari suatu permasalahan. Namun karena kita sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, maka kita perlu berinteraksi dan bahkan kita perlu bantuan dari orang lain. Karena inilah komunikasi sangat - sangat penting dan sangat - sangat kita perlukan.   Why???. Contoh sederhana, ketika kita sedang kehausan dan ingin membeli suatu minuman di sebuah toko / warung , apa yang kita lakukan??. Tentunya kita pasti akan melakukan komunikasi kepada si penjaga toko tersebut, dan menyampaikan niat kita kepada si penjaga toko bahwa kita mau membeli minuman di tempat mereka, benar begitu ??. itu adalah salah satu contoh sederhana dari suatu komunikasi. Sebaliknya jika pada saat itu kita tidak melakukan komunikasi atau interaksi apapun kepada si penjual, kita hanya diam dan menatap toko/warung mereka apakah si penjual akan tahu bahwa kita mau membeli dagangannya?, tentu tidak.

Begitupula dengan halnya masalah, ketika sumber dari suatu masalah itu telah kita ketahui, hal yang paling utama harus dilakukan adalah, membangun komunikasi. Kenapa harus membangun Komunikasi? Berikut alasannya :

  1. Bagaimana masalahmu bisa selesai jika kamu tidak melakukan komunikasi, baik itu kepada orang yang bersangkutan (orang yang bermasalah denganmu) ataupun kepada orang ketiga yang bisa menengahi permasalahanmu.
  2. Jika kamu hanya diam, dan tidak menceritakan permasalahan yang kamu hadapi kepada orang yang kamu percaya, apakah mereka akan tahu bahwa kamu memerlukan bantuan mereka?. Tentu tidak.
  3. Sehebat apapun kamu, sekuat atau setangguh apapun dirimu, kamu tetaplah perlu berkomunikasi dengan orang lain.

Lihat saja para pembisnis sukses diluar sana, bukankah merekapun banyak melakukan komunikasi dan interaksi kepada orang lain?. Karena itulah semakin banyak kita berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain maka kita akan semakin banyak belajar, bahkan kita bisa lebih banyak tahu hal – hal yang baru, itulah pentingnya komunikasi. “Komunikasi dapat menjadi penyebab sukses nya seseorang, dan komunikasi juga bisa menjadi penyebab timbulnya masalah bagi seseorang”.

Mengapa demikian?, contoh dalam suatu perusahaan kamu ditunjuk untuk menjadi pembicara dalam suatu acara seminar. Jika kamu bisa berkomunikasi dengan baik kepada para peserta, bahkan bisa membawa para peserta ikut berpartisipasi dalam acara, maka seminar yang tadinya terkesan membosankan bisa menjadi menyenangkan, karena komunikasi dan pembawaanmu yang baik, sehingga materi yang disuguhkanpun dapat tersampaikan dengan sangat baik. Hal itu tidak menutup kemungkinan di acara – acara lainnya kamu akan di rekomendasikan kembali menjadi pembicara. Sebaliknya jika pada saat penyampaian materi komunikasi kamu dengan para peserta terkesan kurang dan hanya fokus pada apa yang kamu sampaikan, atau bahkan bisa dibilang tidak ada komunikasi sama sekali dengan para peserta. Percayalah, bisa jadi itu awal dan akhir kamu jadi pembicara, dan bisa saja kamu malah mendapat teguran dari atasan, bukankah hal itu menjadi suatu masalah?. Disinilah pentingnya suatu komunikasi.

Bagaimanapun besarnya masalah yang menghampirimu, sepelik apapun masalah yang datang padamu, cobalah untuk berkomunikasi. Setiap permasalahan yang kita alami memang tidak bisa kita ceritakan kepada semua orang, dan memang tidak semua orang mau mendengar dan memahami kita. Tapi cobalah berkomunikasi kepada orang yang kamu percaya, dan orang yang kamu yakin bisa membantumu. Setidaknya dengan kamu berkomunikasi dengan orang yang kamu percaya beban dipundakmu bisa berkurang, meski masalahnya belum terselesaikan tetapi dengan kamu sharing dan berkomunikasi kamu akan mendapatkan solusi, dan itu akan membuka jalan pikiranmu, kemudian kamu akan tahu hal apa yang selanjutnya harus kamu lakukan.

Disetiap permasalahan yang kita hadapi, bisa kita selesaikan dengan berkomunikasi. Apalagi di jaman modern seperti sekarang ini, kita dapat dengan mudah berkomunikasi, dengan siapa saja dan kapan saja. Kita bisa meminta saran atau pendapat mengenai masalah yang kita hadapi saat ini kepada siapapun yang kita percaya tentunya, tanpa adanya batasan jarak, waktu dan sebagainya. Karena saat ini semua sudah terfasilitasi, dengan adanya internet, telpon, whatapps, Instagram, skype dan lain – lainnya yang memudahkan kita untuk bekomunikasi dan berinteraksi.

Setelah semua yang sudah kita bahasa mulai dari selalu berpikir positif, menemukan sumber dari permasalahan, dan membangun komunikasi dengan baik, hal terakhir yang harus kita lakukan adalah memperbaiki apa yang seharusnya di perbaiki untuk keluar dari permasalahan yang kita hadapi. Lakukan yang terbaik, sebaik mungkin, yang bisa kita lakukan. Yang terpenting dan paling - paling utama ialah teruslah berkomunikasi kepada Sang Pencipta, melalui Do’a. Itulah sinyal terkuat yang dapat meringankan semua permasalahan  kita. Sisanya kita serahkan dan pasrahkan kepada yang Maha Kuasa. Karena tidak ada masalah yang datang tanpa solusi. Dan tiada permasalahan yang melampaui batas kesanggupan untuk kita hadapi. Ketika permasalahan itu datang kepada kita itu pertanda bahwa kitalah orang yang sanggup melewatinya dan orang lain tak akan sanggup menghadapinya.

 

 

Thank you for reading,

Hope this is useful for me and for you.

See you in the next writing