HALMA, PERMAINAN CATUR CINA ASLI AMERIKA

HALMA, PERMAINAN CATUR CINA ASLI AMERIKA
www.justathlete.com

Sebagian besar board game menggunakan dadu untuk memainkannya. Jadi ada faktor keberuntungan yang mempengaruhi hasil permainan. 

Namun ada juga board game yang sepenuhnya mengandalkan strategi, misalnya Catur.

Selain Catur, permainan Halma juga merupakan board game yang dimainkan murni mengandalkan strategi.

Permainan klasik yang sudah berusia lebih dari satu abad ini sangat populer di kalangan generasi baby boomers dan X. Bagi generasi Y dan Z, permainan ini mungkin kurang populer.

Permainan Halma, dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama “Chinese checkers”. Meskipun disebut sebagai Catur Cina, Halma bukanlah berasal dari negeri Cina. 

Halma justru berasal dari negeri Pakde Sam, alias Amerika. Diciptakan oleh seorang ahli bedah toraks, lulusan sekolah kedokteran Harvard, bernama George Howard Monks.

Monk menciptakan permainan Halma pada tahun 1883 bersama dengan seorang ahli matematika bernama Thomas Hill. 

Konon, permainan Halma yang dalam bahasa Yunani kuno artinya “melompat” diilhami oleh board game yang lebih tua usianya, yaitu Hoppity. Permainan Hoppity diciptakan di Jerman.

Halma dimainkan oleh minimal dua dan maksimal enam pemain. Semakin banyak pemain semakin tinggi level kesulitannya.

Tujuan permainan Halma adalah memindahkan semua bidak atau pion ke daerah berlawanan atau seberang, siapa tercepat adalah pemenang. 

Dalam permainan Halma tidak ada bidak atau pion yang dikeluarkan dari papan permainan. Kunci kemenangan terletak pada kemampuan menyusun posisi pion sendiri dan memancing posisi pion lawan sedemikian rupa yang menghasilkan lompatan sebanyak-banyaknya menuju daerah sasaran. 

Bermain Halma memberikan banyak manfaat positif seperti : meningkatkan ketelitian, meningkatkan kemampuan berinteraksi, belajar perencanaan, meningkatkan kesabaran, belajar sportivitas, berani mengambil keputusan, mengasah otak dan meningkatkan fokus.

Banyak sekali bukan manfaat bermain Halma?

Yuk ajak keluarga Anda untuk bermain Halma!