Doa Masempo Dalle'

Artikel Kolom Tamu pada Harian Fajar Makassar Doa Pembuka Rejeki

Doa Masempo Dalle'
Aroma Kopi Toraja, rasanya khas selera Raja.

Doa Masempo Dalle’.

 

Kebetulan rumah kami di Bandung kosong. Saya dan isteri sepakat untuk menyewakan agar tetap ada yang bisa merawatnya. Saya-pun mulai menawarkan ke beberapa teman. Termasuk menempelkan spanduk DISEWAKAN tanpa perantara, langsung ke nomor HP saya. Alhasil, dalam tempo 3 bulan, belum dapat penyewa. Hanya ada beberapa penelepon yang menanyakan biaya sewa. Itu saja,

 

Saya dan isteri mulai bingung. Beberapa rumah sekitar blok kami koq mudah sekali dapat penyewa. Harga yang kami tawarkan pun nett dan relatif terjangkau untuk rumah 2 lantai. Dimana letak salah kami ?

 

Memasuki bulan ke-4, isteri beri saran agar segera menggunakan jasa perantara. Kali-kali aja lebih mudah dan bisa dapat penyewa lebih cepat. Saya setuju. Dengan syarat harga sewa tetap seperti tawaran semula.

 

Gak sampai sebulan, sebuah perusahaan deal untuk menyewa rumah kami. Harga sewa lebih mahal dari tawaran kami semula. Sehingga jasa perantara tadi masih dapat margin tambahan diatas fee yang kami sepakati. Luar biasa.

 

Dimana letak rahasia suksesnya ?

 

Kebetulan kami hanya menunjuk satu jasa perantara. Sehingga lebih mudah memonitor perkembangannya. Jasa perantara yang kami minta tolong itupun tetangga kami juga. Seorang ibu rumah tangga yang memiliki relasi luas. Sudah sering membantu sewa menyewa atau jual beli rumah. Mungkin ini salah satu penyebabnya, relasi luas.

 

Atau, mungkin karena kami memilih berbagi. Membuka peluang rejeki bagi orang lain. Awalnya tanpa perantara, yaa rejeki hanya buat kami. Kali ini kami harus rela membuka rejeki bagi orang lain. Jika sebelumnya, doa minta rejekinya hanya dari kami, sekarang ada ibu tadi yang juga panjatkan doa buka rejeki. Bisa jadi ini salah dua penyebab lainnya.

 

Lain cerita, saya dapat WA dari fasilitator Rumah Kreatif Tana Toraja . Bahwa ada pelaku UKM Usaha Kopi IBAS, produsen kopi bubuk robusta di Tana Toraja yang tetap mampu bertahan bahkan penjualan produknya tetap tumbuh ditengah wabah Covid-19. Salah satu rahasia Usaha Kopi IBAS milik Tato Sumbung ini tetap eksis, adalah berkat 40-an reseller yang dia miliki.

 

Juga saya mendapat cerita dari Rumah Kreatif Sidenreng Rappang, ada UKM : TehkuSidrap. UKM yang menjual beragam minuman olahan teh dan berbagai kue tradisional yang dikemas menarik dan kekinian, tetap mampu bertahan di tengah wabah Covid-19. Kekuatannya juga sama; reseller atau titip-jual. Bahkan sampai sekarang masih menawarkan open-reseller bagi pelaku UKM lainnya.

 

Jangan-jangan rahasia sukses UKM diatas adalah kesediaan mereka untuk berbagi rejeki dengan reseller-nya. Doa pembuka rejekinya nambah. Termasuk pengalaman saya menggunakan jasa perantara untuk penyewaan rumah. Teringat kata orang bijak, rejeki akan semakin bertambah disaat semakin sering dibagi.  Jika tak ada lagi rejeki dalam bentuk harta yang dapat dibagi, minimal berbagi do’a masempo dalle’. Semoga rejeki-ta’ semua semakin bertambah dan barokah tentunya. Aamiin.

 

(Sabri "Daeng Acid" Rasyid)