Ditarik atau didorong sama saja!

Fashion

Ditarik atau didorong sama saja!

Ucok : eh men bentar lagi kita lulus nih,

Mamat : waiya ya tinggal itungan bulan ya??

Ucok : iya mat..

Mamat : bikin kenang2n apaan ya men..

Ucok : ......( Mikir )

 

Nahhh gue yang lagi duduk di warkop dengerin tu bocah bedua yang Mao lulus dari sekolahnya, mereka kayanya lagi ngerencanain sesuatu yang bisa jadi buat kenangan-kenangan di sekolahnya, dan akhirnya gue samperin aja...

Gue : eh bocah lagi pada ngomongin apa si lu tong?

Ucok : wah sape lu bang? (Sambil ngeGas jiwa STM)

Gue : ET bocah kalem nape tong..., Gue denger Lo Mao lulus sekola ye,...

Mamat : iye bang gue mo lulus nih...

Gue : masih lama tong paling 4-5 bulan lagi lu lulus, ujian geh belom lu...

Ucok : iye si bang, tapi g kerasa bang bentar lagi geh ujian gue.

Gue : nah kebetulan nih, gue punya tempat sablon nih, gue Mao nawarin ke elo nih, nyablon dong buat bocah angkatan lu sekelas...

Mamat : nah boleh tu bang kebetulan banget..

Ucok : kebetulan apaan men

Mamat : gini Cok kita bikin kaos aja buat angkatan kita buat kenang2n, gimana?

Ucok : gimna ya? Tanyain bocah dulu aja dah...

Gue : yaudah tong besok Lo pada tanyain aja ke temen2 Lo, klo pada Mao kontek aja gue nih no hp gue!

Mamat : oke bang besok gue kabarin.

Begitulah perbincangan gue awal mula nya ngobrol ma anak dan ngeracunin buat bikin kaos angkatan, dan pada akhirnya tu anak pada jadi bikin kaos angkatannya,, Alhamdulillah dapet orderan dari anak STM,

Nah pas gue lagi garap kaos mereka Dateng lah tu anak berdua ke workshop gue, ternyata pengen tau juga cara nyablon gimna,

Ucok : assalamualaikum bang

Gue : waallaikumsalam tong, wih tumbenan lu mari ada apaan nih?? Nambah orderan lu?

Ucok : kaga bang, gue mo liat lu nyablon aja bang,

Gue : oh yaudah sini masuk tong, Lo ngopi kaga noh bikin kopi sendiri ya,,

Ucok : iya bang,

Pas gue lagi nyablon banyak nanya juga nih anak, kayanya ada pelajaran nyablon juga kali di sekolahnya,

Mamat : bang cara nyablon tuh begitu, ditarik terus di dorong,

Gue : iya tong, gini klo nyablon klo g di tarik ya di dorong sama aja kok, yang penting tinta nya turun ke kaos,,

Mamat : oh gitu bang ya, itu berapa kali nyablon bang,

Gue : biasanya gue 2 kali gesut nih, biar warna nya dapet bisa solid.

Mamat : oh iya ya bang ini yang baru satu kali naek kurang warnanya. Jadi Lo dua kali gesut bang...

Gue : iye tong. (Sambil megang rakel yang kadang di dorong kadang di tarik), biar hasil maksimal nanti pas udah kering di finishing lagi pake mesin press tong, biar kering nya rata.

Ucok : bang ini pake tinta apaan?

Gue : ini pake tinta plastisol tong, biar mantep kaos Lo pada.

Ucok : plastisol apaan bang gue g ngarti? ( Sambil ngelus2 hasil sablonan)

Gue : Lo liat Mbah Google aja dah. Biar paham ( sambil ketawa gue)

Nah beres nyablon gue langsung press, tu bocah bantuin juga ngelipet kaos, lumayan nih g cape2 bat gue dtemenin ni bocah berdua, ada gawenya juga, jadi di dunia Persablonan itu banyak banget teknik2 yang perlu di pelajari, dari awal setting gambar, pisah warna, Afdruk film, cara gesut, sampe ke finishing, sedikit2 mulai belajar dari apa yang di anggap sepele, karna dari kaos bergambar yang kita pakai banyak banget proses yang harus di lewatin, semua itu g segampang kaya beli kaos di toko2, distro, dan onlenshop lainnya, hargai setiap produk anak bangsa, sudah banyak anak muda yang maju dari dunia Persablonan, bisnis kecil yang bermula dari hobi gbar sampai bisa cari uang lewat dunia cetak saring atau Persablonan.

Terimakasih

Tetap semangat

Rafly hmnTees