Di mana ada Kelebihan, di sana ada Kembalian.

tak usah lelah menebar kelebihan kebaikan-kebaikan, sungguh Tuhan YMK pasti akan mengembalikan dalam bentuk rejeki yang tak pernah disangka-sangka.

Di mana ada Kelebihan, di sana ada Kembalian.
sinar kebaikan akan selalu hadir dengan menembus sang waktu.

Di mana ada Kelebihan, di sana ada Kembalian.

 

Pandemi mengajarkan kita banyak hal. Ada yang mampu bangkit, namun tak sedikit yang bangkrut dan terjatuh. Ada yang semakin maju, sebaliknya juga ada yang tak mampu melihat arah ke depan, malah mundur. Ada yang beruntung, tetapi tak sedikit yang buntung. Begitulah kehidupan. Selalu ada pilihan dan yang terpilih.

 

Belajar dari sobat umkm yang mampu bangkit, saya mendapat banyak pembelajaran. Owner Sambal Dayak dari Tarakan cerita bagaimana dia mengajak tetangga-tetangga-nya sebagai bagian penting dari lini produksi sambal-nya. Alhasil, bisnis Sambal Dayak masih mampu bertahan di era pandemi ini.

 

Contoh lain, Onty Cake dari Pekalongan. Owner-nya cerita malah mampu buka lowongan kerja di tengah pandemi. Sekali seminggu, mas Tryas –owner Onty Cake- dan komunitasnya rutin berbagi nasi bungkus gratis di alun-alun Pekalongan. Bahkan masih sempat berbagi resep rahasia bagaimana pembuatan roti dan cake yang dijualnya, ke ibu-ibu tetangga.

 

“Gak takut tumbuh pesaing baru mas?” tanya saya.

 

“Malah penjualan kami naik pak, hasil produksi ibu-ibu tadi dijualnya di tempat kami juga,” jawabnya.

 

Menurut saya, semangat berbagi ala Sambal Dayak dan Onty Cake tadi merupakan value bagi bisnisnya. Value ini dampaknya luar biasa, terkadang gak masuk akal. Gak takut rejekinya berkurang disaat berbagi rejeki dengan orang lain.

 

Kalau kata Paman Warren Buffet, “price is what you pay, value is what you get”. Baik Sambal Dayak dan Onty Cake, pasti punya ongkos produksi yang harus mereka siapkan. Selanjutnya, mereka akan mendapatkan pengembalian dalam bentuk keuntungan dan keberuntungan.

 

Keuntungan bisnis mudah dihitung, rumusnya pendapatan dikurangi pengeluaran. Namun soal keberuntungan, ini rahasia Tuhan, karena semakin banyak berbagi, maka kembalian yang akan diterima juga akan berlipat ganda, meskipun kita tidak pernah tahu rejekinya nongol dari arah mana dan kapan saatnya.

 

Yuk belajar yakin, di mana ada kelebihan maka di sana akan ada kembalian. Perbanyak kelebihan dengan berbagi, maka Tuhan akan memberi kembalian tak kalah indahnya. Jika saat ini kembalian masih kurang, gak usah kecewa. Segera perbaiki personal value dengan belajar, belajar dan belajar, lalu perbanyak berbagi dengan ikhlas . Urusan kembalian, kita serahkan kepada Tuhan YMK.

 

Selamat tahun baru 2021. Semoga kita lebih sehat dan lebih bahagiaaa…

 

(Daeng_Acid ; Cibubur Jkt 01/01/21)