CATUR FAKTA TENTANG PUZZLE YANG WAJIB DIKETAHUI!

CATUR FAKTA TENTANG PUZZLE YANG WAJIB DIKETAHUI!
Dokumen Pribadi. Model : Jovan E.M Zebua

Permainan “Puzzle” merupakan salah satu permainan populer di dunia. Permainan ini diciptakan oleh seorang Kartografer (ahli membuat peta) berkebangsaan Inggris pada tahun 1766, bernama John Spilsbury. 

Kita mungkin sangat familiar dan bahkan sering memainkan puzzle, tapi apakah kita benar-benar tahu tentang permainan yang konon bermanfaat melatih otak dan meningkatkan kecerdasan ini?

Yuk, simak fakta-fakta yang tidak banyak diketahui seputar puzzle…

1. Puzzle punya beragam jenis

Mungkin selama ini kita mengenal puzzle sebagai permainan dalam bentuk potongan-potongan gambar dalam pola-pola tertentu terbuat dari kertas tebal atau material keras lainnya seperti kayu yang dapat dibongkar pasang. Itulah yang disebut sebagai “Jigsaw Puzzle”. 

Padahal ada beberapa jenis puzzle lainnya. TTS alias Teka Teki Silang atau Sudoku adalah “Logic Puzzle”. Permainan Rubic Cubic merupakan “Combination Puzzle”. Ada juga jenis lain yaitu “Mechanics Puzzle”, contohnya permainan Tetris.

2. Tanggal 29 Januari merupakan “Hari Puzzle” internasional

Adalah Jodi Jill, seorang penulis profesional berkebangsaan Amerika, seorang pakar pemasaran SEO, khususnya hastag, yang menggagas Hari Puzzle Internasional pada tahun 2002. 

Jodi dikenal juga sebagai seorang pembuat teka-teki silang yang handal di sejumlah koran. Beliau mempopulerkan  “Hari Puzzle” dengan menyelenggarakan kelas-kelas edukasi tentang puzzle.

3. Bermain Puzzle, menunda Dimensia (Pikun)

Apapun variannya, permainan puzzle dapat dimainkan disegala usia. Untuk mereka yang sudah lanjut usia, bermain puzzle dapat menunda kepikunanan, karena permainan puzzle merupakan aktivitas yang merangsang otak. 

Sebuah penelitian jangka panjang (dimulai pada tahun 1988) yang dirangkum dalam Bronx Anging Study menemukan fakta, mereka subjek berusia 75-85 tahun yang sering bermain puzzle belum menunjukkan gejala-gejala kepikunan.
 
4. Ravensburger merupakan produsen Jigsaw Puzzle terbesar di dunia

Jangan salah sangka, mendengar nama Ravensburger. Itu bukan merek restoran Hamburger, melainkan produsen permainan Jigsaw Puzzle terbesar di dunia. Berpusat di kota Ravensburg, Jerman. 

Ravensburg memecahkan rekor dunia untuk puzzle dengan jumlah kepingan terbanyak, yaitu 32.256, dengan ukuran 5.18 m x 1.82 m. Konon membutuhkan waktu dua tahun untuk menyusunnya. Wow!
 
Menarik ya fakta-fakta seputar permainan puzzle. Yuk bemain puzzle, karena banyak manfaatnya!