Canggung Saat Berkomunikasi dengan Orang Baru? Simak Cara Menghindari Canggung Berikut Ini!

Jangan sampai canggung menghalangi komunikasi kita

Canggung Saat Berkomunikasi dengan Orang Baru? Simak Cara Menghindari Canggung Berikut Ini!
Foto oleh August de Richelieu dari Pexels

Sering kali kita merasa malu atau canggung ketika harus berbicara dengan orang baru, alhasil kita malah menghindar untuk berkomunikasi. Menghindari komunikasi dengan orang baru adalah pilihan yang salah. Komunikasi merupakan bagian terpenting dalam kehidupan sosial. Baik komunikasi secara verbal maupun non verbal, semua orang pasti membutuhkan komunikasi untuk saling terhubung.

Jadi meskipun kita tidak menyukainya, kita tetap harus bisa berkomunikasi dengan orang baru demi menjalin hubungan yang baik. Sebenarnya hal yang paling kita takuti adalah kecanggungan dalam komunikasi. Jika suasana sudah canggung, maka sulit untuk mendapatkan informasi yang jelas dari lawan bicara. Peluang untuk salah paham pun bisa lebih besar. Maka dari itu, sebelum keadaan menjadi semakin canggung, coba simak langkah-langkah berikut ini.

1. Cari tahu dulu siapa lawan bicara Anda

Mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum berbincang lebih jauh sangat diperlukan. Anda dapat mencari informasi dari media sosial, atau teman dan kerabat yang mengenalnya. Lalu bagaimana jika kita berada di situasi yang spontan? Tidak perlu khawatir, Anda bisa memulai obrolan dengan mencari informasi sederhana. Melalui informasi ini, Anda bisa mengembangkan obrolan lebih jauh. Anda juga bisa mencari kesamaan yang dapat membuat Anda dan lawan bicara menjadi lebih nyaman.

Misalnya Anda tidak sengaja bertemu dengan orang baru di suatu tempat, tanyakan dulu apakah ia sendiri, berasal dari mana dan mengapa ada di sini. Sesuaikan pertanyaan Anda dengan situasi yang ada. Sedikit demi sedikit akan terjalin pembicaraan yang lebih santai.

2. Jangan sepelekan basa-basi

Banyak yang berkata basa-basi itu tidak penting. Jangan salah kaprah, basa-basi justru menjadi awal pembicaraan yang berguna. Selain itu, basa-basi juga membantu Anda keluar dari situasi canggung. Secara logika, tidak mungkin Anda langsung membahas hal berat ketika baru pertama kali berbicara dengan orang baru. Anda pasti membutuhkan obrolan ringan seperti basa-basi untuk memulai pembicaraan.

3. Bicara dengan suara yang jelas dan tegas

Berbicara dengan suara yang tegas dapat membantu Anda mendapatkan impresi yang baik dari lawan bicara, maka perbincangan akan megalir lebih lancar dari pada berbicara dengan suara lirih. Anda harus lebih percaya diri dalam berbicara. Bagaimana jika Anda adalah orang yang pemalu? Berpura-puralah untuk percaya diri, sebisa mungkin orang yang Anda ajak bicara tidak tahu jika Anda sedang malu atau takut.

Suara yang jelas dan tegas mampu membantu lawan bicara Anda untuk menangkap obrolan dengan lebih baik. Anda juga dapat terhindar dari salah tangkap atau salah paham karena ada kata yang tidak terdengar oleh lawan bicara. Tak hanya itu saja, ternyata nada bicara Anda juga bisa berpengaruh dalam mengatur situasi. Membuat nada bicara yang lebih ceria dalam situasi yang tepat akan membuat lawan bicara Anda merasa nyaman. Rasa canggung pun akan hilang seketika. Tentunya harus diingat juga, Anda perlu menyesuaikan nada bicara dengan situasi dan konteks pembicaraan.

4. Tangkap isyarat non verbal dari lawan bicara

Ada kalanya lawan bicara kita merasa tidak nyaman dengan obrolan yang kita bahas. Situasi ini akan membuat rasa canggung menjadi lebih besar. Penting untuk membaca isyarat non verbal yang mereka kirimkan. Komunikasi bisa dilakukan secara verbal atau berbicara langsung dan non verbal yaitu melalui gerak-gerik atau bahasa tubuh. Memang dibutuhkan ketelitian dan kepekaan untuk menangkap isyarat non verbal.

Mengungkapkan rasa tidak nyaman secara langsung mungkin dapat dianggap tidak sopan dalam budaya tertentu. Maka dari itu, kebanyakan orang memilih menunjukkan isyarat non verbal untuk menyatakan perasaan mereka. Jika lawan bicara Anda terlihat tidak nyaman dengan obrolan yang sedang Anda bahas, segera hentikan atau cari topik obrolan lain. Jangan memaksakan obrolan yang tidak mau ia bahas. Begitu pula dengan Anda, jika Anda merasa tidak nyaman segeralah mengirim isyarat non verbal yang sekiranya dapat ditangkap oleh lawan bicara Anda.

Jadi, jangan sekali-kali menghindari komunikasi dengan orang lain karena takut merasa canggung. Anda tetap dapat menjalin komunikasi baik seacara verbal maupun non verbal. Cobalah untuk menghilangkan rasa canggung agar dapat menjalin hubungan yang lebih baik. Semoga dengan hilangnya rasa canggung, Anda dapat menambah relasi yang luas dalam berbagai bidang.