Bercakap dengan Konflik

Pentingnya bercakap mengenai konflik yang ada.

Bercakap dengan Konflik

Bercakap

 

Manusia merupakan makhluk sosial, yang mana manusia membutuhkan manusia lain untuk hidup. Agar manusia mengerti apa yang ada didalam pikiran satu sama lain, maka dari itu ada yang namanya komunikasi.  Didalam kehidupan sehari-hari komuniksasi dibagi menjadi 2, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang disampaikan langsung oleh pembicara, sedangkan komunikasi non verbal merupakan komunikasi yang  disampaikan melalui perantara, salah satu contoh yang dimaksud perantara yaitu melalui pesan singkat. Komunikasi melalui pesan singkat bisa menjadi faktor kesalah-pahaman dikarenakan melalui pesan singkat pembaca tidak mengerti intonasi yang dimaksud oleh pengirim.

 Mungkin ini ada kaitannya mengapa antar manusia sering terjadi kesalah pahaman antara satu dengan yang lainnya, mungkin karena manusia tidak mengerti isi pikiran satu dengan lainnya. Tidak hanya menyelesaikan masalah dengan manusia lain, menyelesaikan masalah dengan diri sendiri juga butuh yang namanya komunikasi. Dengan berkomunikasi terhadap diri sendiri atau mungkin bisa berkomunikasi panjang lebar dengan rekan terhadap masalah yang sedang dialami, itu menjadi solusi agar masalah cepat terselesaikan. Curhat atau kependekan dari curahan hati yang pada intinya manusia berkomunikasi dengan manusia lain membicarakan tentang masalah yang dialaminya, dengan curhat setidaknya ada yang mengerti permasalahan yang sedang kita alami dan manfaat yang diperoleh setelah berkomunikasi panjang lebar dengan orang lain hati menjadi sedikit lega. Seringkali manusia menyelesaikan sebuah masalah tidak dengan berkomunikasi terlebih dahulu, karena manusia telah dikalahkan oleh ego kemarahan mereka sendiri.

Contoh saja seperti didalam hubungan asmara pacaran atau yang sudah menikah, komunikasi merupakan bumbu yang sangat penting untuk membuat hubungan semakin harmonis. Terkadang komunikasi tidak dianggap terlalu penting dalam sebuah hubungan asmara, padahal tidak lancarnya sebuah komunikasi bisa menyebabkan perpecahan dalam hubungan, dan fatalnya bisa menyebabkan hubungan itu berakhir. Kebanyakan mereka terbakar oleh amarah mereka sendiri, dengan berkomunikasi bersama pasangan mengenai masalah yang terjadi tanpa melibatkan emosi yang berlebihan mungkin semua masalah itu bisa diselesaikan tanpa harus mengeluarkan kata-kata atau tindakan yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan.

Contoh lain seperti di tempat kerja. Untuk menyelesaikan sebuah masalah di tempat kerja harus diadakan rapat atau diskusi bersama-sama, nantinya masalah yang ada dikomunikasikan bersama-sama agar nanti keluar solusi atau jalan tengah atas permasalahan yang terjadi.

Komunikasi memang kebutuhan manusia sehari-hari, dan kita sebagai manusia harus memahami komunikasi yang baik dan benar yang nantinya agar anak cucu kita menggunakannya sebaik mungkin. Mari dahulukan berkomunikasi jika ada masalah agar nantinya jika ada masalah tidak termakan oleh ego kemarahan terlebih dahulu, karena Semua masalah bisa diselesaikan dengan komunikasi.