BENARKAH, SEMUA MASALAH DAPAT DISELESAIKAN DENGAN KOMUNIKASI?

Tidak semua komunikasi dapat menjadi solusi dari semua masalah. Tapi satu hal ini yang bisa. Apa itu? Yuk simak penjelasan berikut ini.

BENARKAH, SEMUA MASALAH DAPAT DISELESAIKAN DENGAN KOMUNIKASI?

Manusia hidup diantara jutaan manusia lainnya. Hal itu membuat seseorang datang dan pergi silih berganti dengan mudah. Hanya akan ada beberapa yang memilih untuk tetap tinggal. Bagaimana bisa yakin untuk menetap. Jika semua asing, pada awalnya. Berawal dari pertemuan tidak sengaja di saat tes kerja, berlanjut menjadi sahabat. Ketidaksengajaan bersebelahan tempat duduk di pesawat, berakhir menjadi satu atap. Apa yang terjadi sehingga suatu hubungan dapat terjalin erat? Komunikasi yang baik. Komunikasi memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Saat pertama kali bertemu orang asing, tidak ada seorangpun yang bisa langsung merasa cocok dan saling mengerti satu sama lain tanpa diawali dengan adanya komunikasi.

Di era modern, seperti saat ini. Banyak orang dapat dengan mudah mengirim dan menerima pesan sebagai bentuk komunikasi dengan intensitas yang beragam. Banyak yang beranggapan bahwa dengan adanya kemudahan berkomunikasi dapat mempererat suatu hubungan. Nyatanya tidak sedikit terjadi permusuhan juga disebabkan karena komunikasi. Hal ini sering terjadi ketika seseorang ingin mengatakan satu hal namun orang lain menerima hal yang berbeda. Kesalahpahaman dapat menimbulkan konflik yang berakhir pada hubungan yang tidak baik, dikarenakan buruknya komunikasi yang terjalin. Hal ini cukup membuktikan bahwa komunikasi saja tidak dapat menyelesaikan masalah melainkan diperlukannya juga komunikasi yang baik.

Komunikasi yang baik lebih dari sekedar saling berbagi informasi, melainkan mengerti dan merasakan pesan yang disampaikan. Komunikasi yang baik tidak memerlukan seseorang yang ahli. Bahkan seseorang yang tidak memiliki kemampuan berkomunikasi tetap dapat melakukan komunikasi yang baik. Karena kunci utama untuk menjalin komunikasi yang baik yaitu dengan belajar menjadi PENDENGAR YANG BAIK. Pendengar yang baik dan menjadi pendengar saja merupakan dua hal yang berbeda. Semua orang bisa mendengar namun tidak semua bisa menjadi pendengar yang baik. Untuk menjadi pendengar yang baik ternyata bisa dipelajari. Dengan menerapkan beberapa poin berikut;

  1. Berikan perhatian pada pembicara
    Dengan memberikan perhatian pada pembicara, secara alamiah pendengar akan ikut merasakan apa yang pembicara ingin sampaikan. Jika lawan bicara tenang dan pendengar mulai mendengarkan dengan penuh perhatian pasti akan merasa menenangkan pula bagi pembicara. Jika lawan bicara gelisah maka pendengar juga dapat membantu menenangkan dengan memberikan perhatian secara penuh agar pembicara merasa tenang. 

  2. Hindari memotong pembicaraan
    Mendengarkan berbeda dengan menunggu bagian untuk berbicara. Pada umumnya seseorang akan merasa sulit berkonsentrasi untuk mendengarkan jika sedang memikirkan apa yang akan dikatakan selanjutnya.

  3. Gerakan non-verbal
    Saat mendengarkan, cobalah untuk memberikan isyarat kecil seperti mengangguk sesekali, tersenyum atau mencoba menimpali dengan ucapan ringan misalnya seperti “ooh, yaaa, aaaa”

  4. Hindari memberikan penilaian
    Untuk berkomunikasi dengan baik, pendengar tidak harus menyetujui ide atau pendapat yang diutarakan. Namun, ada kalanya pendengar perlu mengesampingkan penilaian dan kritik untuk dapat memahami inti dari pembicaraan.

  5. Kontrol emosi
    Jika pendapat pembicara tidak sesuai dengan apa yang anda fikirkan, cobalah untuk menyampaikan dengan perlahan. Jangan berusaha menang atau memberikan judge atas pendapat yang disampaikan. Poin inilah yang paling krusial dan dapat menentukan komunikasi dapat berjalan dengan baik atau justru sebaliknya.

  6. Berikan umpan balik
    Dengan memberikan umpan balik, dapat dijadikan indikator bahwa anda telah mendengarkan dengan baik. Berikan umpan balik untuk memperjelas poin tertentu, seperti “apakah ini yang tadi kamu maksud?”

Maka, dapat disimpulkan bahwa tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan komunikasi melainkan komunikasi yang baik. Untuk menjalin komunikasi yang baik diperlukan kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik. Sesuai dengan quotes dibawah ini:

“There is only one rule for being a good talker – learn to listen.”
- Christopher Morley -

source picture: https://www.pexels.com/photo/man-love-people-woman-5585292/