5 Tips Berkomunikasi Dalam Menyelesaikan Konflik

5 Tips Berkomunikasi Dalam Menyelesaikan Konflik

Terkadang masalah konflik sering terjadi di lingkungan sekitar kita. Ada yang disebabkan karena masalah kecil ataupun masalah besar. Bahkan ada yang konflik tersebut tidak dapat terselesaikan. Hal itu terjadi karena kurangnya komunikasi. Dan disinilah komunikasi berperan penting dalam menyelesaikan konflik.

Konflik merupakan interaksi yang terjadi antar dua orang atau lebih yang mengakibatkan perselisihan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya konflik, diantaranya perbedaan etnis, agama, kebudayaan dan perbedaan pendapat yang akhirnya menyebabkan perselisihan. Jika dibiarkan terus menerus, konflik menjadi dampak bahaya apabila tidak menyikapinya dengan bijak.

Lantas, apakah ada cara agar konflik dapat dihindarkan dan tidak berkepanjangan? Tentu saja ada, yaitu dengan berkomunikasi yang baik. Dengan cara berkomunikasi, konflik dapat diatasi. Dan komunikasi sudah menjadi bagian dari hidup manusia, dimana sebagian aktivitas kehidupan diisi dengan komunikasi.

Disini ada 5 tips berkomunikasi dalam menyelesaikan konflik, yaitu:

  1. Pastikan ada orang yang menjadi penengah dalam konflik tersebut agar menjadi pendengar dari kedua belah pihak yang mengalami konflik. Dan orang yang berperan sebagai penengah harus netral  dan bijak dalam mencari solusi, sehingga keduanya dapat didamaikan.
  2. Kedua belah pihak harus menyadari bahwa konflik harus segera diselesaikan dan tidak berkelanjutan. Jika terus menerus terjadi, tentu akan memutus hubungan interaksi sosial. Karena itu berkomunikasilah dengan baik untuk menyelesaikannya.
  3. Kedua belah pihak tidak boleh saling menyalahkan satu sama lain. Karena itu tidak akan menyelesaikan masalah, tetapi malah sebaliknya.
  4. Memastikan kedua belah pihak menjadi pendengar baik dalam menerima solusi dan keputusan yang telah disepakati.
  5. Ketika menyelesaikan konflik harus memperhatikan komunikasi yang efektif dengan sikap terbuka, sopan, jujur, dan saling menerima agar konflik dapat segera diselesaikan.

Itulah 5 tips berkomunikasi dalam menyelesaikan konflik. Perlu diketahui kita sebagai manusia usahakan untuk menghindari konflik. karena konflik memberikan dampak negatif dalam kehidupan manusia. Usahakan untuk menghindari konflik dengan cara komunikasi agar kehidupan tetap terjalin harmonis dan sejahtera.